Open Journal Systems

Perkembangan You Tube Sebagai Sumber Informasi

Sitti Maesurah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan You Tube sebagai media sosial yang menyajikan informasi. Melihat saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memeroleh informaasi. Sebagaimana diketahui bahwa informasi kini menjadi kebutuhan pokok masyarakat sesuai dengan kepentingan dan kebutuhannya. Tulisan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan sajian deskriptif. Library research digunakan sebagai langkah mengkaji data-data yang diambil melalui You Tube sebagai sumber data primer dan juga literatur-literatur terkait yang memiliki kaitan dengan tulisan ini sebagai data sekunder. Data yang telah dikumpul kemudian dianalisis dengan melihat nilai-nilai informasi yang terkandung dalam saluran You Tube. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perlu pendekatan keterampilan dalam penggunaan You Tube sebagai sumber informasi agar masyarakat mampu mendapatkan informasi yang faktual. Bukan hanya itu saja, masyarakat juga perlu keterampilan dalam pemahaman informasi sehingga tidak salah kaprah dalam melakukan tidakan. Dapat diakui bahwa sebagian pemilik saluran You Tube telah memiliki kemampuan menjadi komunikator, hanya saja masalah lain adalah khalayak yang memeroleh informasi belum sepenuhnya dapat menjadi komunikan yang baik. Selain sebagai sumber informasi yang beragam, beberapa saluran You Tube juga menjadi sumber informasi yang tidak memiliki kapasitas dalam menyamapaikan informasi. Hal tersebut dikarenakan adanya kebebasan dalam mengunggah potongan video yang disatukan meskipun bukan merupakan hasil rekaman asli pemilik saluran You Tube. Masyarakat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi informasi dari You Tube karena tidak semuanya memiliki kapasitas dan kredibilitas dalam menyampaikan informasi. Tidak semuanya dapat dipertanggungawabkan sehingga berdampak pada informasi yang menyesatkan dan menimbulkan konflik.

Keywords


You Tube; Hiburan; Informasi; Teknologi; Komunikasi

References


A, Abraham. Sukses Menjadi Artis Dengan YouTube. Surabaya: Reform Media. 2011.

Bagdikian, Ben H. The New Media Monopoly. Boston: Beacon Press:2004.

Bucy, Erick P. Living in The Information Age: A New Media Reader. Canada: Wadsworth Thomson Learning. 2020.

Dahlan, Pemerataan Informasi, Komunikasi dan Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia. 1997.

Kaplan, Andreas M. dan Haenlein Michael. Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizon. 2010.

Makulowich, John S. dalam Basuki Agus Suparno, Politik Komunikasi dan Teknologi: Siapa Memanfaatkan Apa dan Siapa? (Kasus Portal Web dan Internet), Jurnal komunikasi: Vol. 4 No. 2 Tahun 2006.

McLuhan, Marshal. Understanding Media: The Extension of Man. London nad New York: Gingko Press. 2003.

Merril, John C. Global Jurnalism. Longmar. 1991.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Sosial, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2015.

Pacey, Arnold. The Culture of Technology. Cambridge: The MIT Press, 2005.

Pavlik, John V. New Media Technology: Cultural and Commercial Perspectives. New York: Colombia University Press. 1996.

Rogers, Everect M. Communication Technology. New York: Prentice-Hail Company. 1991.

Schiller, Herbert I. The Information Superhighway: Latest Blind Alley. London: The Athlone Press. 1996.

SetiAdi, Ahmad. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi, Jurnal Humaniora, Vol. 16 No. 2 Tahun 2016.

Tamburaka, Apriadi. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Massa. Jakarta: PT. Raja Indo Persada. 2013.

Wriston, Walter B. The Twilight of Sovereignty: Bagaimana Revolusi Informasi Mengubah Dunia. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1992.

Youtube.com

Katadata.co.id.

https://kumparan.comkumparantech/jumlah-pengguna-youtube-per-bulan-capai-1-8-miliar (Diakses pada 10 April 2020)

https://jabar.idntimes.com/type/fun-fact/arifgunawan/statistik (Diakses pada 10 April 2020)

https://hipwee.com/feature/4-kasta-piagam-youtube-play-buttom-yang-sering-dipamerkan-youtuber-mulai-silver-sampai-rubi (Diakses pada 10 April 2020)

https://katadata.co.id/infografik/2019/03/06/youtube-medsos-no-1-di-indonesia (Daiakses pada 10 April 2020)


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v7i1.7580

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.