Open Journal Systems

Independensi Media Massa Lokal di Madura Selama Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2019

Lulus Sugeng Triandika

Abstract

Media massa memiliki peran penting selama masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sebagai alat komunikasi politik, media massa memiliki pengaruh kuat bagi publik. Fenomena tersebut menjadi komoditas pemberitaan pada media massa, baik lingkup nasional maupun daerah. Topik tentang pemilihan presiden menjadi tajuk berita utama di mayoritas media massa. Radar Madura, salah satu media cetak lokal di Madura, Bahkan beberapa kali menjadikan kampanye pemilihan presiden & wakil presiden sebagai tajuk berita utama. Netralitas dan independensi media massa pada masa kampanye kemudian perlu dikaji kembali. Berdasarkan fakta bahwa redaksi media massa bisa menentukan sudut pemberitaannya. Maka perlu dikaji untuk mengetahui makna pembingkaian berita. Analisis framing dengan pendekatan teori milik Pan & Kosicky digunakan untuk mengkajinya. Hasilnya adalah ditemukan fakta bahwa Radar Madura telah melakukan pembedaan tema dan konsep pemberitaan kampanye calon presiden & wakil presiden. Fakta tersebut merupakan representasi kecondongan redaksi terhadap salah satu calon Presiden & Wakil Presiden.

Keywords


Media Massa, Analisis Framing, Kampanye Pemilihan Presiden & Wakil Presiden 2019, Harian Radar Madura

References


Badara, Aris. (2013). Analisis Wacana, Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Grup.

Bungin, M. Burhan. (2008). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chaer, Abdul. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Eriyanto. (2011). Analisis isi, Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Eriyanto, (2002). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media, Yogyakarta : LKIS.

Handaka, Tatag. (2009). Buku Ajar Teori Komunikasi. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura

Harijono, Budi. (2004). Dalam Bingkai Media Massa. Surabaya: Papyrus.

McQuail, Denis. (2010). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT Salemba Humanika.

Nugroho, A. (2012). Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jateng pada Harian Suara Merdeka. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 1 1-9. https://doi.org/10.14710/interaksi.1.1.1-9

Nurudin. (2003). Komunikasi Massa. Malang: Cespur. Pateda, Mansoer. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Romli, Asep Syamsul. (2001). Jurnalistik Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Severin, Werner J. dan James W. Tankard. (2005). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan Didalam Media Massa. Jakarta: Prenada Media.

Siregar, Amir Effendi. (2013). Independensi dan netralitas jurnalisme dan media. Opini Kompas.

Siregar, Ballian. (2019). Framing Berita Capres- Cawapres Pada Pilpres 2019 di Harian Umum Replubika dan Koran Tempo. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Esa Unggul.

Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET

Sukarya, Deniek G. (2009). Kiat Sukses DENIEK G. SUKARYA. Jakarta: PT Elex Media Komputindo – Kompa GRAMEDIA

Sumadiria, AS Haris. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature. Bandung: PT. Refik Aditama

Tinarbuko, Sumbo. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalan Sutra


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.6157

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.