Open Journal Systems

PERKEMBANGAN ETIKA KOMUNIKASI ISLAM DALAM BERMEDIA SOSIAL

Faricha Andriani

Abstract

Manusia dikenal sebagai makhluk sosial yang tidak lepas dari kegiatan saling berinteraksi dengan sesama manusia. Melalui kegiatan interaksi inilah manusia otomatis melakukan kegiatan komunikasi. Pada perkembangannya, komunikasi tidak hanya dilakukan secara langsung dalam kehidupan nyata, melainkan juga dapat dilakukan melalui media virtual dengan memanfaatkan akun-akun media sosial. Akan tetapi, pada praktik komunikasi dalam media sosial, masih didapati pelanggaran etika komunikasi dengan adanya penyebaran pesan hoax serta hate speech. Sehingga perlu adanya pengembangan pada etika komunikasi, khususnya etika komunikasi islam. Etika komunikasi islam tidak hanya dijadikan sebagai pemahaman ilmu saja, melainkan adanya implikasi dalam kegiatan komunikasi dalam bermedia sosial. Adanya pemahaman dan pengaplikasian tersebut mampu memberikan pemahaman yang lebih akan pentingnya etika komunikasi dalam bermedia sosial, karena media sosial tidak hanya sebagai sarana komunikasi, melainkan bagian dari budaya interaksi dalam dunia modern.

Keywords


etika, komunikasi islam, media sosial

References


Ahmad, A. (2013). Dinamika Komunikasi Islami di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 44–58.

Al Ghazali, A. H. (2014). Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia. Jakarta: Mizan.

Badruzaman, A. (2014). Etika Berkomunikasi: Kajian Tematik Term Qaul dalam al-Qur’an. Epistemé, 9(1), 177–204.

Bakti, A. F., & Meidasari, V. E. (2014). Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 4(1), 20–44.

Batubara, A. K. (2013). Studi Media Dalam Perspektif Komunikasi Islam (Analisis Esensi Komunikasi Islam Dalam Diseminasi Informasi). In Annual International Conference on Islamic Studies (pp. 2795–2815). Yogyakarta: Perpustakaan UIN Surabaya.

Bray, P., & Rzepecka, M. (2018). Introduction: Communication and Conflict. Koninklijke Brill Nv, Leiden, 1–10. https://doi.org/10.1163/9789004373679_002

Dahlan, M. S. (2014). Etika Komunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal DakwahTabligh, 15(1), 115–123.

Gradinaru, C. (2018). Social Media and Literature: A Troublesome Relationship. Journal of the Seminar of Discursive Logic, Argumentation Theory and Rhetoric, 16(1), 35–50.

Hefni, H. (2014). Perkembangan Ilmu Komunikasi Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 4(2), 326–343.

Hefni, H. (2017). Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana.

Markarma, A. (2014). KOMUNIKASI DAKWAH EFEKTIF DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 11(1), 127–151.

Mikkelsen, J. F. (2017). Communication ethics and the receiver: Contribution to an ethic of strategic mass communication. Journal of Media and Communication Research, 63, 85–102.

Mufid, M. (2009). Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahadi, D. R. (2017). PERILAKU PENGGUNA DAN INFORMASI HOAX DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Management & Kewirausahaan, 5(1), 58–70.

Rajab, M. (2014). DAKWAH DAN TANTANGANNYA DALAM MEDIA TEKNOLOGI KOMUNIKASI. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 69–90.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo.

Sabrina, A. (2015). Menjelajah Dunia Maya. Bandung: Hapsa Jaya Bandung.

Seyfi, M., & Güven, D. (2016). Influence of new media on intercultural communication: an example of an Erasmus student. Informacijos Mokslai, 74, 24–37. https://doi.org/dx.doi.org/10.15388/Im.2016.74.9921

Solihin, A. M. (2011). Etika Komunikasi Lisan Menurut Al-Qur’an: Kajian Tafsir Tematik. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Suseno, F. M. (1987). Etika Dasar: Masalah Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: PT Kanisius.

Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding Social Media. India: Ventus Publishing ApS

Tim Penyusun. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Tompkins, P. S. (2015). Acknowledgment, Justice, and Communication Ethics. Review of Communication, 15(3), 240–257. https://doi.org/dx.doi.org/10.1080/15358593.2015.1078490

Wattie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. The Messenger, 3(1), 69–75.

Yuliani, A. (2017). Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia. Retrieved July 8, 2018, from https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan-media

Yunita. (2017). Melawan Hoax. Retrieved July 8, 2018, from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/8904/melawan-hoax/0/sorotan-media

Zainuddin, D. (2016). Pendidikan Budi Pekerti dalam perspektif Islam. Jakarta: AMP Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v6i1.5586

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.