Open Journal Systems

RUANG KOMUNIKASI ISLAM DALAM LINGKUP KAJIAN DAKWAH

Abstract

Dalam pertumbuhannya, komunikasi Islam menjadi sebuah topik yang unik untuk dikaji serta dilihat manifestasinya dalam ruang kajian dakwah. Ihwal dari kenyataannya bersandar kepada realitas dari dakwah Islam yang terkemas di dalamnya beberapa hal terkait dengan komunikasi itu sendiri. Dalam bahasa sederhananya, dakwah memiliki cakupan yang cukup erat dengan perspektif komunikasi itu sendiri. Hanya saja, komunikasi yang telah berjalan dan menjadi bagian kajian dalam lingkup sosial kemasyarakatan menjadi entitas yang seakan-akan berbeda dengan manifestasi dakwah itu sendiri. Padahal, dalam realitasnya, dakwah mustahil dihadirkan tanpa perwujudan komunikasi yang mengiringi ruang geraknya.

Komunikasi Islam secara hakiki bagian integral daripada dakwah itu sendiri. Berbekal eksistensi kajiannya yang mengarah kepada objektivikasi ajaran Islam dalam kehidupan umat, dakwah seringkali dijadikan aktivitas yang ingin menyeru dan memanggil umat manusia ke arah kebaikan dalam kehidupannya. Entitas hikmah sebagai nilai tertinggi dakwah menjadi bagian integral dalam laju komunikasi Islam yang harus dan mampu menempatkan dai dan madu serta beberapa hal terkait media dakwah ke dalam posisinya yang saling bersinergi.

Pada akhirnya, komunikasi Islam akan seutuhnya memberikan ruang gerak yang sangat impresif kepada segenap pribadi demi perwujudan dinamika pertumbuhan dakwah islamiyah. Dakwah islamiyah yang faktualitasnya merujuk pula kepada komunikasi Islam berjalan beriringan dengan modal-modal komunikasi yang akan diejawantahkan oleh segenap insan dakwah dalam ruang dakwah mereka masing-masing.

Kata Kunci: Komunikasi Islam, Dakwah, Dai, Madu, Media Dakwah.

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v2i2.504

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.