Open Journal Systems
KONSEP KOMUNIKASI DAKWAH PERSUASIF DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN
Abstract
Komunikasi dakwah hampir sama dengan komunikasi pada umumnya, akan tetapi yang membedakan antara keduanya hanya pada cara dan tujuan yang akan dicapai. Tujuan komunikasi pada umumnya yaitu mengharapkan partisipasi dari komunikan (madu) atas ide-ide atau pesan-pesan yang disampikan oleh pihak komunikator (dai) sehingga pesan-pesan yang disampaikan tersebut terjadilah perubahan sikap dan tingkah laku yang diharapkan, sedangkan tujuan komunikasi dakwah yaitu mengharapkan terjadi nya perubahan atau pembentukan sikap atau tingkah laku sesuai dengan ajaran al-Quran dan hadis sebagai sumber ajaran Islam. Artikel ini akan memaparkan tentang komunikasi dakwah dan hubungannya dengan al-Quran sebagai kitab konstitusi dakwah. Di mulai dengan pengertian komunikasi dakwah, hubungan antara komunikasi dan dakwah, karakteristik komunikasi dakwah, komponen komunikasi dakwah, dakwah sebagai komunikasi persuasif serta etika berkomunikasi dalam al-Quran.
Kata Kunci: Dakwah, Komunikasi, Persuasif, al-Quran
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v2i2.499
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.