Open Journal Systems

UPAYA DEVENSIF MEDIA CETAK SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI TENGAH MARAKNYA PERAN MEDIA MAYA

Moh. Rosyid

Abstract

Abstrak

Kemampuan media massa memenuhi selera pengguna jasa menjadi faktor tertariknya publik memanfaatkannya. Hal ini dikarenakan tujuan utama memanfaatkan sumber media massa berupa kebutuhan informasi, informasi yang baru, aktual, sesuai kebutuhan, dan utuh. Akan tetapi, kebutuhan konsumen tersebut antar-penyedia jasa informasi selalu dinamis dalam rangka memenuhi selera konsumen. Media massa cetak sebagai media dakwah realitasnya menghadapi persaingan ketat, di antaranya dari media massa berbasis dunia maya. Untuk mempertahankan pelayanannya di bidang dakwah, media massa cetak harus mengoptimalkan perannya memenuhi selera pengguna jasa. Optimalisasi tertuju pada kemasan pemberitaan yang aktual, tuntas, sesuai kebutuhan pembaca yakni faktor lokalitas dan ketersediaan informasi lapangan kerja (bagi pencari kerja) dan media mempublik hasil produksi (iklanisasi). Bila hal ini terpenuhi, peran media massa cetak sebagai alternatif media dakwah dapat tetap di hati pembaca. Di sisi lain, media massa cetak harus mampu meningkatkan kualitas diri di tengah kelemahan yang dimiliki media maya. Satu hal yang harus ditelaah secara mendalam bahwa media massa cetak sangat mengandalkan pembelian dari konsumen, terutama bagi pelanggan (abonemen) sehingga upaya eksis tetap terjaga bila kemasan berita berkesinambungan dan tuntas. Dunia ini, bidang apapun selalu menghadapi kompetitor sebagai bagian dari konsekuensi hidup. Di balik kompetisi, perlu upaya optimal dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas hasil kerja. Bila upaya ini tanpa disertai kreativitas dan spekulasi dari pengelolanya, keberadaan media cetak dalam posisi devensif (bertahan) bagian dari keterancaman eksistensi.

Kata Kunci: pertahanan, media, kompetisi

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v2i1.464

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.