Open Journal Systems

PERANAN MEDIA DALAM MEMBENTUK SOSIO-KULTUR DAN AGAMA MASYARAKAT (Menggagas Prinsip-prinsip Etis dalam Jurnalistik)

Abstract

Abstrak

Peranan media sebagai instrumen komunikasi memberikan sumbangan besar terhadap mobilitas personal bahkan sosial kemasyarakatan. Mustahil dinafikkan bahwa pertumbuhan media masa kini telah membentuk pola pikir masyarakat. Lebih jauh lagi, media telah memberikan warna signifikan terhadap pola-pola keagaman dan keberagamaan dalam kehidupan. Ketergantungan masyarakat kepada media semakin menguat seiring dengan pertumbuhan globalisasi yang tidak mungkin dibendung laju pertumbuhannya.

Pertumbuhan pola-pola kehidupan keagamaan dan keberagamaan masyarakat akan menjadi sangat bervariasi beriringan dengan frekuensi pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Kesadaran masyarakat akan kehidupannya menjadi sangat bersentuhan dengan dinamika kehidupan yang mengitarinya. Tak pelak lagi, peranan media dalam membentuk sosio-kultur dan agama dalam masyarakat menjadi keniscayaan. Media memberikan input wawasan sosio-kultur dan nilai-nilai keagamaan kepada segenap masyarakat. Eksistensinya seringkali memberikan potret hakiki akan pertumbuhan dinamika kehidupan di antara semua unsur sosial di masyarakat.

Beriring dengan pesatnya media, maka tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan kehidupan masyarakat juga akan semakin kompleks. Kompleksitas ini terjadi bersamaan dengan daya terima masyarakat terhadap eksistensi media dalam kehidupan mereka. Pertumbuhan media dari kenyataannya yang sederhana kepada kondisi yang semakin mengglobal menunjuk kepada respon luas masyarakat terhadap realitas sekitar dari pertumbuhan dinamika kehidupannya.

Kata Kunci: Media, Komunikasi, Pers, Keagamaan, Keberagamaan

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v1i2.434

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.