Open Journal Systems
Strategi Public Relations Kompas TV dalam Membangun Pemasaran dan Pengelolaan Corporate Image
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang strategi public relations (PR) yang diterapkan oleh Kompas TV untuk membangun pemasaran yang efektif dan mengelola citra perusahaan yang positif. Media massa khususnya televisi, memegang peran penting dalam menyampaikan informasi dan mempengaruhi opini publik. Brand atau merk televisi seringkali memiliki ekuitas yang positif. Pemasar pada stasiun televisi telah dapat mengkreasi pengetahuan terhadap merk. PR menjadi elemen penting dalam mengelola interaksi antara perusahaan dengan khalayaknya melalui beberapa strategi seperti publikasi, acara, berita, identitas perusahaan, keterlibatan khalayak, lobbying, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data hasil dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas TV menerapkan strategi PR dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan khalayak. Selain itu, Kompas TV juga menjaga kualitas dan konsistensi dalam setiap konten yang disajikan supaya tetap akurat dan informatif, dengan menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme yang ketat. Walaupun menghadapi tantangan dalam menjaga citra perusahaan, Kompas TV tetap berpegang pada nilai-nilai integritas serta profesionalisme aspek operasionalnya. Dengan demikian, Kompas TV tidak hanya berhasil membangun pemasaran yang kuat, tetapi juga menjaga citra positifnya ditengah persaingan industri media yang kompetitif.
Keywords
References
Alambana, O. A. (2023). Pengaruh Pemberitaan Penetapan Tersangka Ferdy Sambo Dalam Kasus Penenmbakan Brigadir J di Kompas TV Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Citra Polri (Survei Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang). Universitas Semarang.
Assegaff, M. E. (2019). Strategi Branding KompasTV sebagai Televisi Berita “Independen Terpercaya". Universitas Diponegoro Semarang.
Buchori, A. (2019). Peran Dan Strategi Public Relation Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Pariwisata (Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta). Jurnal Kepariwisataan, 13(1).
Darmawan, D. (2019). The Effect Of Corporate Image on Brand Awareness and Brang Attitude. Jurnal Translitera.
Dharma, A. (2019). Peran Production Assistant Dalam Produksi program singkap di Kompas TV. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Husein, M. N., Saidin, & Halika, L. O. H. (2024). Komunikasi Pemerintahan Dalam Kajian Teoritis. CV. Azka Pustaka.
Lestari, H., & Hajati, L. N. (2019). Strategi Public Relation Untuk Menciptakan Minat Pengunjung Ke Galeri Indonesia Kaya. Jurnal Lontar, 7(1).
Liliweri, A. (2010). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group.
Musi, S., & dkk. (2022). Penulisan Kreatif Public Realtions. Nas Media Pustaka.
Muthia, E. L. B. (2021). Strategi Public Relations Stasiun Televisi Dalam Membangun Corporate Image. Jurnal Visi Komunikasi, 20(02).
Satrio, R. (2017). Analisis Isi Pesan Kritik Komika Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV. UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.
TV, K. (n.d.). Kompas TV. Retrieved June 24, 2024, from https://www.linkedin.com/company/kompas-tv/about/
TV, K. (2021). 1 Dekade Kompas TV, Intip Achievement Digital Kompas TV Raih 10 Juta Subscriber Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=fK_2eIWa-8o
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v11i2.30486
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.