Open Journal Systems
DAKWAHTAINMENT DI TELEVISI: Analisis Terhadap Fenomena Dakwah Ramadhan
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena dakwahtainment
di media televise yang menyajikan pesan dakwah sekaligus menawarkan
dunia hiburan. Lebih maraknya dalam sajian-sajian dakwahtainment
menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berbagai infortainment
bertaburan dengan menyelipkan nuansa agama untuk memperkuat daya
jual di masyarakat. Penting dalam tulisan ini peneliti paparkan hakekat
dakwah dan bagaimana sebaiknya masyarakat mensikapi fenomena
dakwahtainment tersebut agar substansi pesan-pesan dakwah tetap
dapat bisa dipahami masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kecenderungan masyarakat kurang dapat menangkap pesan
dakwah dibalik sajian-sajian dakwahtainment. Justru yang popular
adalah sajian-sajian hiburannya dan populeritas dari suatu produk.
Keywords
References
Daradjat, Zakiyah. 1983. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung
Agung.
Faizah, Lalu Muchsin Effendi. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta:
Kencana Prenada Media
Kellner, Douglas. 1995. Media Culture: Cultural Studies, Identity
anPolitics between The Modern and Postmodern. New York.
Routledge.
Mubarok, Achmad. 2002. Konseling Agama, Teori dan Kasus. Jakarta.
PT. Bina Rena Pariwara
-------------. 2003. Sunnatullah dalam Jiwa Manusia, Sebuah Pendekatan
Psikologi Islam. Jakarta: IIIT Indonesia.
-------------. 2002. Psikologi Dakwah. Jakarta: Penerbit Pustaka
Firdaus.
Mujiburrahman. 2015. Agama, Media, dan Imajinasi: Pandangan
Sufisme dan Ilmu Sosial Kontemporer Kontemporer. Pidato
Pengukuhan Guru Besar Sosiologi Agama. Banjarmasin:
Antarsari Press.
Fatma, Laili Khoirunnida, “Dilema Dakwahtainment”. Jurnal At-
Tabsyir, 2014
Nur Ahmad. “Keterbukaan Dakwahtainment sebagai Media
Dakwah”. Jurnal At-Tabsyir, Vol.5 No.1, Juni 2015
Saefulloh, Aris. “Dakwahtainment: Komodifikasi Industri Media
di Balik Ayat Tuhan”. Jurnal Komunika. Vol.3 No.2 JuliDesember
Yuliyatun.” Fenomena Dakwah Melalui Media Televisi Perspektif
Teori Modeling”. Jurnal At-Tabsyir, edisi Juni 2016
http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islamnusantara/14/04/01/n3cs2g-dakwah-di-televisi-
membaik. Diunduh April 2016.
http://journal.iaingorontalo.ac.id/indek.php/fan. Diunduh 20
April 2016
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2923
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.