Open Journal Systems

TANTANGAN PENERAPAN NILAI-NILAI ETIKA DAKWAH PADA PROGRAM DAKWAHTAINMENT DI TELEVISI

Nur Huda Widiana

Abstract

Dakwahtainment sebagai upaya untuk mencari format yang sesuai di

era informasi merupakan suatu keniscayaan. Dengan memperhatikan
kebutuhan masyarakat modern, maka pola-pola dakwah yang memiliki
unsur intertainment mendapatkan perhatian dari para pelaku dakwah
dan media televisi.Namun keberadaan da’i sebagai orang yang memiliki
pengetahuan, pemahaman yang luas di bidang agama ketika berhadapan
dengan media sungguh “tidak berdaya”. “ketidak berdayaan” ini
dipengaruhi oleh pemilik media yang memiliki tujuan berbeda dari
idealisme da’i, sehingga rentan terjadi problem-problem etika dakwah
didalam pelaksanaannya.Mengemas dakwah dengan pola dan bahasa
yang menghibur merupakan hal yang harus dipertimbangkan sepanjang
tidak menghilangkan esensi dan substansi dari dakwah itu sendiri.
Sebab bila kemasan-kemasan dakwah itu dipandang sebagai strategi dan
metode dakwah, maka sesungguhnya hal itu dapat berkembang sejauh
yang diinginkan sesuai konteks ruang dan waktu yang melingkupinya.

Keywords


Kata Kunci: Etika Dakwah, Dakwahtainment, Televisi.

References


Abdul Munir Mulkhan, 1992, Paradigma Intelektual Muslim,

Yogyakarta: Sipre.

Asep Kusnawan, 2004, Komunikasi Penyiaran Islam, Bandung,

Benang Merah Press

Aris Syaefullah, 2009, Dakwahtainment: Komodifikasi Industri

Media Di Balik Ayat Tuhan dalam “Jurnal Komunika”,

Purwokerto: Jurusan Dakwah.

Departemen Agama Republik Indonesia, 2005, Al-Qur’an dan

terjemahannya, Bandung: CV Penerbit J-Art.

Munir, M dan Ilahi, Wahyu, 2066, Manajemen Dakwah,

Jakarta:Prenada Media.

Sofyan,D, 2013, Agama dan Televisi di Indonesia (Etika

Seputar Dakwahtainment). Globethics.net Sekretariat

International.

Hajir Tajiri, 2015, Etika dan Estetika Dakwah, Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Hamzah Ya’qub, 1988, Etika Islam, Bandung: Diponegoro.

Safrodin Halimi, 2008, Etika Dakwah dalam Perspektif Al-

Qur’an, Semarang: Walisongo Press.

http://eprints.upnjatim.ac.id/3058/1/public_relations.pdf

http://www.lpminstitut.com /2014/04/ Menjual - Simbol -

Agama, html

http://dok.joglosemar.co/baca/2014/07/22/dakwah-

entertainment-dinilai-tak-mendidi.html

https://m.tempo.co/read/news/2013/10/09/058520549/

dakwah-lewat-televisi-hanya-berorientasi bisnis.

http://arsip.gatra.com/2014-04-14/majalah/artikel.

php?=23&id=156522

(http://ejournal.bsi.ac.id/assets/files/ANALISIS_

DESKRIPTIF_PROGRAM_MQTV_SEBAGAI_

MEDIA_DAKWAH.pdf)


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2922

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.