Open Journal Systems
TANTANGAN PENERAPAN NILAI-NILAI ETIKA DAKWAH PADA PROGRAM DAKWAHTAINMENT DI TELEVISI
Abstract
Dakwahtainment sebagai upaya untuk mencari format yang sesuai di
era informasi merupakan suatu keniscayaan. Dengan memperhatikan
kebutuhan masyarakat modern, maka pola-pola dakwah yang memiliki
unsur intertainment mendapatkan perhatian dari para pelaku dakwah
dan media televisi.Namun keberadaan da’i sebagai orang yang memiliki
pengetahuan, pemahaman yang luas di bidang agama ketika berhadapan
dengan media sungguh “tidak berdaya”. “ketidak berdayaan” ini
dipengaruhi oleh pemilik media yang memiliki tujuan berbeda dari
idealisme da’i, sehingga rentan terjadi problem-problem etika dakwah
didalam pelaksanaannya.Mengemas dakwah dengan pola dan bahasa
yang menghibur merupakan hal yang harus dipertimbangkan sepanjang
tidak menghilangkan esensi dan substansi dari dakwah itu sendiri.
Sebab bila kemasan-kemasan dakwah itu dipandang sebagai strategi dan
metode dakwah, maka sesungguhnya hal itu dapat berkembang sejauh
yang diinginkan sesuai konteks ruang dan waktu yang melingkupinya.
Keywords
References
Abdul Munir Mulkhan, 1992, Paradigma Intelektual Muslim,
Yogyakarta: Sipre.
Asep Kusnawan, 2004, Komunikasi Penyiaran Islam, Bandung,
Benang Merah Press
Aris Syaefullah, 2009, Dakwahtainment: Komodifikasi Industri
Media Di Balik Ayat Tuhan dalam “Jurnal Komunika”,
Purwokerto: Jurusan Dakwah.
Departemen Agama Republik Indonesia, 2005, Al-Qur’an dan
terjemahannya, Bandung: CV Penerbit J-Art.
Munir, M dan Ilahi, Wahyu, 2066, Manajemen Dakwah,
Jakarta:Prenada Media.
Sofyan,D, 2013, Agama dan Televisi di Indonesia (Etika
Seputar Dakwahtainment). Globethics.net Sekretariat
International.
Hajir Tajiri, 2015, Etika dan Estetika Dakwah, Bandung: Simbiosa
Rekatama Media.
Hamzah Ya’qub, 1988, Etika Islam, Bandung: Diponegoro.
Safrodin Halimi, 2008, Etika Dakwah dalam Perspektif Al-
Qur’an, Semarang: Walisongo Press.
http://eprints.upnjatim.ac.id/3058/1/public_relations.pdf
http://www.lpminstitut.com /2014/04/ Menjual - Simbol -
Agama, html
http://dok.joglosemar.co/baca/2014/07/22/dakwah-
entertainment-dinilai-tak-mendidi.html
https://m.tempo.co/read/news/2013/10/09/058520549/
dakwah-lewat-televisi-hanya-berorientasi bisnis.
http://arsip.gatra.com/2014-04-14/majalah/artikel.
php?=23&id=156522
(http://ejournal.bsi.ac.id/assets/files/ANALISIS_
DESKRIPTIF_PROGRAM_MQTV_SEBAGAI_
MEDIA_DAKWAH.pdf)
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2922
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.