Open Journal Systems

STUDI ANALISIS PROBLEMATIKA DAKWAHTAINMENT DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGIS

Nurul Hidayati

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui problematika dakwahtainment,
etika dakwahtainment,serta mengetahui problematika dakwahtainment
dengan pendekatan sosiologis. Dakwahtainment didefinisikan sebagai
suatu konsep yang memadukan penyebarluasan Islam dan bentuk-bentuk
siaran hiburan yang tak terhitung banyaknya melalui medium televisi,
yang memungkinkan jutaan pemirsa di rumah menonton, menerima dan
menangkap pesan-pesan mereka. Program acara dakwah yang dikemas
dalam bentuk dakwahtainment harus mempertimbangkan beratnya
amanah yang diemban, KPI perlu membangun aliansi yang lebih kuat
dengan para pemangku kepentingan strategis untuk mengamati dengan
seksama, program penjangkauan harus dilakukan untuk membangun
kerjasama yang lebih erat dengan lembaga-lembaga akademik dan
riset, banyak program dakwahtainment dan program yang berorientasi
religius di Indonesia yang menghadapi permasalahan etika yang serius.
Apabila dianalisis dengan pendekatan sosiologis maka programprogram
dakwahtainmentsebenarnya pertarungan antara kelas borjuis dan kelas proletar yang merupakan kelompok pekerja yang bergantung pada kelas borjuis. Pemilik modal diwakili oleh pemilik media (televisi),  sedangkan kelas proletar disini diwakili oleh pekerja yang bekerja pada pemilik media dan juga masyarakat sebagai penikmat program televisi. 

 

Keywords


problematika, dakwahtainment, sosiologis

References


Arifin, Anwar, 2011, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi,

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cangara, Hafied, 2012, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali

Pers.

_____________, 2013, Perencanaan dan Strategi Komunikasi,

Jakarta: Rajawali Pers.

Deddy Mulyana, 2005, Nuansa-Nuansa Komunikasi: Meneropong

Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ilaihi, Wahyu, 2010, Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Kusnawan, Aep, et. al., Komunikasi dan Penyiaran Islam:

Mengembangkan Tabligh melalui Mimbar, Media Cetak, Radio,

Televisi, Film dan Media Digital, Bandung: Benang Merah

Press, 2004.

Ma’arif, Bambang S., 2010, Komunikasi Dakwah Paradigma untuk

Aksi,Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Muhtadi, Asep Saeful, 2012, Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan,

dan Aplikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Muis, Andi Abdul, 2001, Komunikasi Islami,Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nanang Martono, 2014, Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik,

Modern, Posmodern, dan Poskolonial, Jakarta: Rajawali Pers.

Sindhunata, 1983, Dilema Usaha Manusia Rasional: Kritik

Masyarakat Modern oleh Max Horkheimer dalam Rangka

Sekolah Frankfurt, Jakarta: Gramedia.

Subiakto, Henry, dan Rachmah Ida, 2012, Komunikasi Politik,

Media, dan Demokrasi, Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Tamburaka, Apriadi, 2013, Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak

Media Massa, Jakarta: Rajawali Pers.

Taufik, M. Tata, 2012, Etika Komunikasi Islam, Bandung: Pustaka

Setia.

www.4.bp.blogspot.com, diunduh tanggal 3 Desember 2014

www.id.wikipedia.org/wiki/Tukang_Bubur_Naik_Haji_The_

Series, diunduh tanggal 3 Desember 2014

www.tribunnews.com, diunduh tanggal 3 Desember 2014

www.tvguide.co.id, diunduh tanggal 3 Desember 2014


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2920

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.