Open Journal Systems

Analisis Tantangan Dakwah Melalui Sosial Media Di Era Artificial Intelligence

Tatang Hidayat, Tri Atmaja Waskhita, Istianah Istianah

Abstract

Kemajuan teknologi telah secara signifikan mempengaruhi masyarakat, khususnya di dunia Islam, yang mengarah pada perlunya strategi parafrase yang efektif untuk mencegah plagiarisme dan meningkatkan kemampuan menulis akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dakwah  melalui media social di era artificial intelligence. Studi ini menggunakan sumber-sumber primer seperti Al-Quran, sumber-sumber sekunder seperti buku, jurnal, konferensi, dan surat kabar, metodologi kualitatif dan tinjauan literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa media teknologi modern dapat secara efektif menyebarkan ajaran Islam, terutama dengan populasi yang lebih muda. Berdakwah dengan media sosial dapat meningkatkan kaum muda yang melek digital yang dapat membedakan antara kebenaran dan ketidakbenaran, menumbuhkan fondasi yang kuat dalam prinsip-prinsip Islam.

Keywords


Artificial Intelligence, Dakwah; Komunikasi Islam, Penyiaran Islam, Social Media

References


Afifah, H. (2022). Kejahatan Melalui Media Sosial. Kumparan, November, 1.

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.

Akbar, R. S., Abdullah, S., Saket, S., Rabbani, M. A., & Info, A. (2023). Al-Manhaj Al- Qur’ānī Fī Mu’ālajaħ Zāhiraħ Mā Ba’da Al- Haqīqaħ ةقيقلحا دعب ام ةرهاظ ةلجاعم في نيآرقلا جهنلما. 2(2), 214–227. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i2.31

Anang, A. Al. (2019). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.29408/fhs.v3i2.2129

Dhaiman, A. N., Hidayat, T., & Istianah. (2023). Metode Pembelajaran Masa Kekhalifahan Abbasiyah. Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 2(1), 58–85. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i1.18

Efendi, E., Ramadhani, G., & Tanti, T. (2023). Efektivitas Dakwah dalam Media Digital untuk Generasi Z. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 880–887. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i2.5480

Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Dalam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 2180–2187.

Fikri, M. (2018). Rasionalisme Descartes dan Implikasinya Terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Muhammad Abduh. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 128–144. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1598

Firmansyah, I. (2023). Waspadai Pemborosan di Era Digital, Berikut Tipsnya. Suara.Com.

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Habibullah, M. (2023). Artificial Intelligence (AI) dalam Digitalisasi Dakwah. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan …, 8(2).

Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64

Halim, W., & Mudjihartono, P. (2022). Kecerdasan Buatan dalam Teknologi Kedokteran: Survey Paper. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 207–216.

Hardiansyah, S. (2016). KEGIATAN JUDI ONLINE DIKALANGAN PELAJAR DAN MAHASISWA DI KOTA PEKANBARU. (Studi Tentang Judi Online Pada Lima Warnet Di Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai), 3(1), 1–15.

Hasan, Y. (2018). Indikator Motivasi Kerja Da’i , Manfaat dan Tujuannya (Kajian dalam Manajemen Komunikasi Dakwah). AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(2), 109–116. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.13

Hermawan, A. (2018). Retorika Dakwah. An-Nuur Kudus, 4.

Hidayat, T., Arridho, M. H., & Istianah. (2024). Metode Dakwah Qism Amn Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Sukabumi. Jurnal An-Nida, 16(1), 63–70.

Hidayat, T., & Firdaus, E. (2018). Analisis Atas Terbentuknya Mazhab Fikih, Ilmu Kalam, dan Tasawuf Serta Implikasinya dalam Membangun Ukhuwah Islamiyah. Al-Ishlah : Jurnal Pendidikan, 10(2), 255–277. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/81/82

Hidayat, T., Haslam, D. S., & Istianah. (2024). Analisis Pesan Dakwah Dalam Lagu Siapa Yang Menciptakan Dari Animasi Riko The Series. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 18(1), 50–61.

Hidayat, T., Huda, M. S., & Istianah. (2024). Strategi Dakwah melalui Komik di Era Digital. Qulubuna: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 237–255. https://doi.org/10.54396/qlb.v5i1.1206

Hidayat, T., Perdana, J., Istianah, I., Saputra, A., Erlina, L., Saket, S. A. S., & Al-Gumaei, A. M. A. (2024). Social Media Da’wah Strategy in Implementing Islamic Da’wah. ASEAN Journal of Religion, Education and Society, 3(1), 51–58.

Hidayat, T., Priyadi, G. R., & Istianah. (2024). Peran Program Dirosah Masaiyah dalam Peningkatan Kompetensi Dakwah Mahasiswa Prodi KPI STIBA Ar Raayah Sukabumi. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 24(1), 61–78. https://doi.org/10.15575/anida.v24i1.34241

Hidayat, T., Rizal, A. S., Abdussalam, A., & Fawwaz, A. G. (2020). Designing Islamic Values Integration into Sociology Learning. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 37–56. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8119

Hidayat, T., Sa’adah, N., & Istianah. (2024). Konseling Sebaya Sebagai Wasilah Hisbah Dalam Mengatasi Pelanggaran Mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Sukabumi. Taqorrub: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah, 5(1), 1–14.

Huriadi, M. D., Ahmad, L. T., & Hamim, N. (2024). Qur’anic Perspectives On Knowledge And Knowledge Seekers: Perspektif Al-Quran Tentang Ilmu Dan Penuntut Ilmu. Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 3(2), 258–274.

International Business Machines Corporation. (2024). What is artificial intelligence (AI)? DigiCert Inc.

Jaelani, J. (2023). Modernitas Kehidupan Beragama Dalam Perkembangan Pendidikan Islam ( Studi Analisis Pemikiran Muhammad Abduh ). Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 2(2), 168–187. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i2.1

Jaelani, J., Hidayat, T., & Istianah, I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Surat Al-Muddaṡṡir Ayat 1-7). ZAD Al-Mufassirin, 4(2), 223–239. https://doi.org/10.55759/zam.v4i2.23

Kurniawan, A., Daeli, S. I., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Krisis Moral Remaja di Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 21–25.

Maimun, A. (2018). Gagasan Pemikir Islam Progresif; Beragama Secara Otentik Dalam Kehidupan Kontemporer. KABILAH : Journal of Social Community, 2(2), 218–236. https://doi.org/10.35127/kbl.v2i2.3135

Majit, A. (2022). Pergeseran Sistem Isnad dalam Transmisi Keilmuan Baca Al-Qur’an pada Aplikasi Qara’a. 1–117.

Miswanto, A. (2019). Ushul Fiqh: Metode Ijtihad Hukum Islam. In Ushul Fiqh: Metode Ijtihad Hukum Islam.

Mufarokah, S., Istiadah, Gazali, Z., & Fuad, N. A. (2024). Ta’lîm ‘Ilmi Fônôlôjiyâ (‘Ilmu Al-Ashwat) ladâ Thôlibât Qism Al-I’dad Al-Lughowî bi Jâmi’ah Ar-Raayah Sukabumi. Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 3(2), 319–339.

Mursalin, H., Mujahidin, E., & Hidayat, T. (2023). Analisis Konsep Tazkiyatun Nafs Ahmad Anas Karzon Untuk Peserta Didik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(1), 133–150. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3967

Mutiawati, I. (2018). Dakwah di Media Sosial (Studi Fenomenologi Dakwah di Instagram). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(3), 1–151.

Muttaqin, Muhammad Arafa, D. (2018). Implementasi AI Dalam Kehidupan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1).

Naamy, N. (2023). Dakwah di Era Digital: Tantangan Sosiologis dan Solusinya. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 88–100.

Nasrudin, F. (2023). Studi Netnografi Budaya Followers @queen_ofp atas Konten Sensual Perempuan Berhijab. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Oryzafani, M. I., Saket, S. A. S., Rabbani, M. A., & Erlina, L. (2022). Aṡaru Al-Siyāq Al-Qurānī Fī Tafsīr Al-Qurān Al-karīm I‘nda Ibnu A‘syūr fī Tafsīr Al-Taḥrīr wa Al-Tanwīr Surah (Qāf) Anmūżajan. Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 1(2), 173–205. https://doi.org/10.61630/crjis.v1i2.15

Pebirawati, T. W. (2023). Etika Komunikasi Islam Dalam Dakwah Koh Dennis Lim Di Media Sosial Tiktok. Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam , 3(2), 48–62.

Pradipa, R., Fardhana, I., & Azzahra, G. (2023). HUBUNGAN ANTARA ISLAM DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM MEMPENGARUHI KARAKTER GEN Z. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Rahma, F. N., Hidayat, T., Kusumah, M. W., Hafidhuddin, D., & Al-Hamat, A. (2023). Konsep Pendidikan Al-Qur’an Dalam Membentuk Masyarakat Islami (Al-Mujtama’ Al-Islami). ZAD Al-Mufassirin, 5(2), 200–226. https://doi.org/10.55759/zam.v5i2.93

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2020). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2520

Rifkiawan Hamzah, A., & Cahyono, H. (2017). No ISSN: 2527-4430 TitleAGAMA DAN TANTANGAN BUDAYA MODERN PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.

Riyanto, Sugeng; Muktafz, Z. M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Dakwah Muhammadiyah di Pimpinan Cabang. 1327–1333.

Rubini, R. (2019). Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam. Al-Manar, 8(1), 225–271. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104

Sari, P. (2022). PEMAHAMAN TERHADAP LARANGAN MENDEKATI ZINA ( QS. AL-ISRA’ AYAT 32) PADA MAHASISWA PAI YANG BERPACARAN DI UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU (Issue 8.5.2017). UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU.

SAS Institute, I. (2024). Bagaimana Cara Kerja Kecerdasan Buatan. DigiCert Inc.

Setiyadi, B. (2021). Bertemu Kabareskrim, UAH Keluhkan Narasi Adu Domba di Media Sosial. Sindonews.Com.

Shofiyah, N., Sumedi, S., Hidayat, T., & Istianah, I. (2023). Tujuan Penciptaan Manusia Dalam Kajian Al-Quran. ZAD Al-Mufassirin, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.55759/zam.v5i1.54

Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660

Taufikurrohman, A., Khulwati, E., & Hidayat, T. (2023). Optimalisasi Dakwah Keluarga di Masa Pandemi Covid 19. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 7(2), 75–87. https://doi.org/10.32832/komunika.v7i2.7489

Trisnawaty, Herawati, & Hidayat, T. (2022). The Role of Teachers in Realizing the Goals of Islamic Education. Islamic Research : The International Journal of Islamic Civilization Studies, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.47076/jkpis.v5i2.117

Ummah, N. H. (2022). Pemanfaatan Sosial Media dalam menungkatkan Efektivitas Dakwah di Era Digital. Junal Manajemen Dakwah, 10, 151–169.

Wahyuni, R., & Harahap, R. (2023). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Dakwah Pada Era Digital : Study Literature Review. 29, 162–172.

Zarari, I. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI BERSEDEKAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2018. In Science. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.

Zein, A. (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Hal Otomatisasi Layanan. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 4(2), 18.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v11i1.29185

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.