Open Journal Systems
PESAN DAKWAHTAINTMENT, ANTARA TUNTUNAN DAN TONTONAN
Abstract
Islam merupakan agama dakwah, artinya setiap orang yang
beragama Islam akan terkena kewajiban untuk berdakwah sesuai
dengan kemampuan masing-masing dan penguasaan terhadap metode
yang dikuasainya. Dengan demikian berdakwah dapat dilakukan
melalui metode dan media yang relevan dengan situasi dan kondisi.
Dakwah entertainment atau yang lebih populer disebut dengan istilah
dakwahtainment kerap muncul saat bulan Ramadan. Dakwahtainment
adalah program acara religi Islam dalam bentuk siaran ceramah,
sinetron, variety show, talk show, dialog, features, dan lainnya yang
dikemas sesuai standar broadcast televisi, yaitu menghibur dan menarik
namun tidak menghilangkan esensi pesan dakwah itu sendiri. Dalam
hal ini dakwahtaintment akan berdampak pada sikap mad’u ketika
mengikuti dakwah inim karena akan memunculkan realitas antara
tuntunan dan tontonan. Pada tulisan ini akan disajikan mengenai
dakwahtaintment, yang akan menimbulkan dilematis dakwahtaintment
antara tuntutan dan tontonan, karena dalam dakwahtaintment
akan sulit dibedakan mana yang tuntunan dan tontonan.
Keywords
References
(http://id.wikipedia.org/wiki/Sinema-elektronik).
Azis, Moh, Ali, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta: Prenada
Media Group
B. Stiff, James, 1994, Persuasive Communication, Gulford: New
York
Dominick, Joseph R. 2014. The Dynamics of Mass communication.
New York : Random House.
Effendy, Onong Uchjana, 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi
Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT.
Citra Aditya Bakti.
http://arisemangatselalu.blogspot.com/2012/02/dakwahbidang-ekonomi.html
Omar, Toha Yahya, 1993, Ilmu Dakwah, Jakarta: Widjaya
Rahmat, Jalaludin, 1996, Spikologi Agama Sebuah Pengantar,
Bandung: Mizan Pustaka
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2918
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.