Open Journal Systems

DAKWAH DAN MEDIA SOSIAL: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi

Eko Sumadi

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsep dakwah menurut Islam dan
peran media sosial dalam berdakwah. Secara mendasar, dakwah
meliputi isi (esensi) dan cara (metode). Isi (materi) memang harus
disampaikan sesuai dengan sumber normativitas agama, namun juga
dituntut adanya kontekstualisasi. Apalagi metode penyampainnya,
harus senantiasa seiring dan selaras dengan perkembangan zaman.
Dari hasil kajian yang penulis lakukan sampai pada kesimpulan
bahwa; dakwah merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim.
Dakwah juga harus dilakukan dengan cara-cara yang arif dan
bijaksana, tidak konfrontatif, diskriminatif dan provokatif. Media
sosial dinilai efektif sebagai sarana berdakwah. Namun, berdakwah
melalui media sosial harus memperhatikan etika dan norma-norma
ber-medsos. Sehingga benar-benar mendatangkan kemanfaatan
bukan sebaliknya menimbulkan permasalahan. Artikel ini
ditulis dengan metode penelitian kepustakaan (Library Research).

Keywords


Kata Kunci: Dakwah, Media Sosial, Etika

References


Al-Buthy, Said Ramadhan. 2010. Fiqih sirat: Hikmah Tersirat dalam Lintas Sejarah Hidup Rasulullah Saw. (terj) Fuad Syaifudin Nur, Jakarta: PT Mizan Publika.

Departemen Agama, 1971. Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah al-Quran.

Faiz, Fahruddin. 2015. Hermenutika Al-Quran: Tema-Tema Kontroversial, Yogyakarta: KALIMEDIA.

Hitti, Philip K. 2014. History of the Arabs, Jakarta: PT Serambi

Ilmu Semesta.

Jumantoro, Totok. 2001. Psikologi Dakwah Dengan Aspek-Aspek

Kejiwaan Yang Qurani, Wonosobo: Amzah.

Khoiron, Mahbib. Menjadi Pengajak yang Bijak, 2016. Dalam http://

www.nu.or.id/post/read/70889/menjadi-pengajakyang-bijak/. diakses pada tanggal

Desember 2016.

Muhyidin, Asep dan Agus Ahmad Safei, 2002. Metode Pengembangan

Dakwah, Bandung: Pustaka Setia.

Mulyati, Ani. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian

Perdagangan RI, Jakarta: Pusat Humas Kementerian Perdagangan, 2014.

Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosda.

Sanwar, M. Aminuddin. 1986. Pengantar Ilmu Dakwah, Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.

Shaleh, Abd Rosyad. 1977. Manajemen Dakwah Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al Ikhlas.

UU Informasi dan Transaksi Elektronik, dalam https:// ppidkemkominfo.files.wordpress.com/2012/11/uu-no11-tahun-2008-tentang-ite.pdf. diakses pada tanggal 24 Desember 2016.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v1i2.2912

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.