Open Journal Systems

DAKWAH MELALUI MEDIA: Sebuah Tantangan Dan Peluang

Abdul Karim

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang Dakwah Melalui Media: Sebuah
Tantangan dan Peluang. Dakwah merupakan tanggung jawab
setiap orang, siapa dan apapun profesinya dituntut untuk dapat
menyampaikan pesan-pesan dakwah agar dapat diterima khalayak
atau masyarakat. Untuk menyampaikan pesan dakwah tentu
harus memiliki sarana yang efektif, agar goal dari dakwah dapat
dipahami oleh masyarakat. Media merupakan salah satu alat untuk
menyampaikan pesan-pesan dakwah tersebut, bahkan media memiliki
kekuatan yang sangat dahsyat dalam menggiring dan membentuk
mindset khalayak. Seiiring dengan perkembangan teknologi, media
juga mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Beragam media
sosial bermunculan yang mencoba menarik massa sebagai pengguna.
Disinilah penulis mencoba menimbang sejauh mana peluang media
sosial yang dapat diisi dengan kegiatan dakwah dan apa pula tantangan
yang menghadang bagi para pendakwah di era media massa yang
semakin canggih ini. Hasilnya adalah dakwah melalui media sangat
efektif karena masyarakat yang telah terintegrasi dengan kemajuan
teknologi medsos tersebut, akan tetapi dunia dakwah mempunyai
berbagai tantangan yang sangat beresiko terhadap kelangsung nilai-nilai
akhlak al-karimah yang menjadi fokus dan inti dari dakwah tersebut.

Keywords


Dakwah, Media, Peluang dan Tantangan.

References


Ball, Rokeach dan DeFluer (Terj),

Teori Komunikasi Massa,

Kuala Lumpur

Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka

Kementerian Pendidikan Malaysia.

Cangara, Hafied, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Holmes, David, 2012. Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juniawati, Dakwah Melalui Media Elektronik, dalam E-Journal UIN

SUKA, Jurnal Dakwah, Vol. XV, No. 2 Tahun 2014

Muhyiddin, Asep dan Safei, Ahmad, 2002. Metode Pengembangan

Dakwah, Bandung: Pustaka Setia.

Nasrullah, Rulli, 2014. Teori dan Riset Media Siber, Jakarta: Prenada

Media Group.

Sanwar, M. Aminuddin, 1986. Pengantar Ilmu Dakwah, Semarang:

Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.

Saputra, Wahidin, 2011. Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Tamburaka, Apriadi, 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak

Media Massa, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada.

Zamris Habib, Peranan Media Sosial dalam Pengembangan Dakwah,

dalam www.zamrishabib.web.id diakses tanggal 15

Januari 2016


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i1.2911

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.