Open Journal Systems
ARAH PENGEMBANGAN DAKWAH MELALUI SISTEM KOMUNIKASI ISLAM
Abstract
Kecenderungan studi komunikasi dalam kegiatan keagamaan marak
dilakukan dalam lini kehidupan, khususnya dakwah islamiyah.
Kecenderungan ini timbul akibat semakin berkembangnya arus
globalisasi, teknologi dan informatisasi serta semakin tingginya
kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam
kondisi ini manusia memerlukan strategi pertahanan diri agar tugas
kehalifahan dapat diemban dengan baik. Salah satunya dengan
mengembangkan keilmuan dakwah Islam melalui komunikasi.
Dakwah dalam kacamata komunikasi merupakan sebuat aktifitas
menerangkan, menyampaikan pesan ajaran Islam secara kaffah,
sehingga orang yang diberi pesan dan informasi dapat terpengaruh dan
selanjutnya dapat merubah perilakunya secara islami. Perkembangan
selanjutnya kata dakwah juga dipakai oleh masyarakat di luar Islam
untuk berjuang (provokasi dan agitasi) atau mengajak umatnya dalam
menyeru kebaikan serta memperkuat akidahnya. Dakwah yang
demikian merupakan bentuk komunikasi yang dipergunakan oleh
agamawan dengan memaknai bahwa pentingnya keberadaan dakwah
dalam keberlangsungan umat dan kehidupan manusia sepanjang masa.
Dakwah dalam konteks komunikasi Islam adalah strategi atraktifpersuasif.
Artinya kegiatan penyampaian pesan dikemas semenarik
mungkin dengan gaya dan model inovatif, melalui aktifitas nyata
dalam dimensi tabligh, sehingga membawa dampak positif bagi
akselerasi penyebaran agama serta perkembangan kuantitas umat
Muslim secara nyata. Implikasi dakwah dalam konsep komunikasi
Islam, berarti merumuskan konsep sistematisasi dakwah islamiah
alam fremwork sistem komunikasi Islam, melibatkan kerangka kerja
sistem komunikasi Islam. Penelitian ini secara teoretis diharapkan
dapat melengkapi informasi ilmiah tentang pengembangan Dakwah
melalui Sistem Komunikasi Islam. Manfaat praktis bagi Fakultas
dakwah dan komunikasi, khususnya jurusan Komunikasi dan
Penyiaran Islam dapat menentukan arah pengembangan dakwah,
mengembangkan sistem komunikasi sebagai acuan menyusun kebijakan
pengembangan kurikulum berbasis system, serta memasukkan
struktur matakuliah pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Agar tujuan penelitian tercapai maka peneliti menggunakan
metode library research dengan tekhnik analisis model interaktif.
Keywords
References
Ahmad, Amrullah, Dakwah Islam sebagai Ilmu (Sebuah Kajian
Epistimologis, dan Struktur Keilmuan Dakwah, Makalah
dalam pertemuan ilmiah dekan fakultas dakwah se
Indonesia, Sumatera Utara 1996
Amin, Syamsul Munir, 2009. Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah.
Arifin, Muhammad, 2006. Dakwah Multi Media, Surabaya: Graha
Ilmu.
Azis, Jum’ah Amin Abdul, 2005. Fiqh Dakwah, Jakarta:
Intermedia.
Bustanuddin, Agus, 1999. Pengembangan ilmu-ilmu Sosial, Studi
Banding antara Pandangan Ilmiah dan Ajaran Islam, Jakarta:
Gema Insani.
Devito, Joseph A., 1998. Komunikasi Antar Manusia. Kuliah Dasar.
Edisi Kelima. (Judul Asli: Human Communication).
Jakarta: Professional Books.
Efendi, Onong Utjayana, 1995. Teori Komunikasi dan Praktek,
Bandung: PT. Rosdakarya.
Enjang, A.S, dkk, 2009. Dasar-dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Widya
Padjajaran.
Esposito, John L., (ed), 2007. Sain-sains Islam, Jakarta: Inisiasi
Press.
Faizah, dkk., 2009. Psikologi Dakwah, Bandung: Widyapadjajaran.
Hanafi, Abdillah, 1987. Memasyarakatkan Ide-Ide Baru, Surabaya:
Usaha Nasional.
Ilahi, Wahyu, 2010. Komunikasi Dakwah, Bandung: Rosda.
Johnson, Doyle Paul, 1989. Sosiologi Klasik dan Modern, Jilid I, (terj)
Lawang, Robert M. Z. Sosiologi Klasik dan Modern, Jakarta:
Gramedia.
Kusnawan, Aep (Ed)., 2009. Napak Tilas Perjalanan : Dari Dakwah
ke Ilmu Dakwah, dalam, Dimensi Ilmu Dakwah : Tinjauan
Dakwah dari Aspek Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, hingga
Paradigma Pengembangan Profesionalisme, Bandung: Widya
Padjajaran.
McQuail, Dannis dan Steven Windahl, 1993. Communication Model
for The Study of Mass Communication, London and New
York: Longman.
Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman, 1992. Analisis Data
Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi, UI Press,
Jakarta.
Moehajir, Noeng, 1996. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta:
Rakai Sarasin.
Muhyidin, Asep dan Safei, Agus Ahmad, 2002. Metode Pengembangan
Dakwah, Bandung: Pustaka Setia.
Mulyana, Deddy, 2005. Ilmu Komunikasi, Bandung: PT. Rosda.
Nafis, M., Quo Vadis Dakwah di Era Teknologi Informasi dan
Komunikasi, makalah yang disampaikan dalam Seminar
Nasional, Dakwah Berbasis Teknologi Komunikasi dan
Informasi, oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Jurusan
Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah
IAIN Walisongo Semarang, 25 Oktober 2010
Nuruddin, 2004. Sistem Komunikasi Indonesia, Jakarta: Rajawali
Press.
Praja, Juhaya S., 2002. Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islamdan
Penerapannya di Indonesia, Jakarta: Teraju.
Rachmadi, F., 1999. Sistem Komunikasi: Anaslisis Deskriptif Sistem
Pers di Berbagai Negara, Jakarta: PT. Gramedia.
Rahmad, Jalaludin, 2001. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Roger, Everett M dan F. Floyd Shoemaker, 1987. “Communication
of Inovations” dalam Abdillah Hanafi, Memasyarakatkan
Ide-Ide Baru, Surabaya: Usaha Nasional.
Rogers, Everett, and Lawrence D. Kincaid, 1981. Communication
Network To Ward a New Paradigm for Research, New York:
The Free Press.
Saputra, Wahidin, 2011. Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta:
Rajawali Press.
Suhandang, Kustadi, 2007. Manajemen Pers Dakwah,
Bandung: Marja.
Umar dalam Roudhanah, Komunikasi Persuasif dalam Dakwah,
Jurnal Kajian Dakwah, Vol. 4 Nomor I, Agustus 2002.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i1.2910
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.