Open Journal Systems
PERKEMBANGAN MEDIA SEBAGAI SARANA DAKWAH
Abstract
Media adalah alat atau wahana yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima, dari da’i ke mad’u. Untuk itu berdakwah melalui media merupakan penyampaian pesan dakwah dengan menggunakan sarana media untuk meneruskan pesan kepada audien yang jauh tempatnya atau banyak jumlahnya. Lebih jauh lagi perkembangan media dakwah adalah alat yang menjadi perantara penyampaian pesan atau informasi kepada mitra dakwah. Seorang pendakwah yang ingin menyampaikan pesan dakwahnya diterima mad’u di seluruh lapisan masyarakat maka dibutuhkan materi dakwah dengan mengikuti perkembangan media sekarang ini diantaranya
menggunakan media radio, televisi, internet, facebook, media cetak maupun elektronik. Jika pesan dakwahnya ingin didengar, didengar, dibaca tentunya juga harus menggunakan fasilitas media untuk memudahkan misi dakwah kita, contoh misal teks ayat-ayat al-Quran yang dikutip dapat dibaca serta ekspresi wajahnya bisa dilihat oleh semua pemirsa, maka ia harus menggunakan media televisi. Jika ingin pesan dakwahnya dibaca orang, maka seorang dai harus menggunakan media cetak, dan bila pesannya bisa di dengar oleh orang lain maka
dibutuhkan media audio (radio) Secara umum berdakwah merupakan kegiatan mengajak atau menyeru, memanggil, seruan, permohonan dan permintaan. Istilah dakwah ini sering diberi arti yang sama dengan
istilah-istilah tabligh, amar-ma’ruf dan nahi mungkar, mau’idzhoh hasanah, tabsyir, indzar, washiyah, tarbiyah, ta’lim dan khotbah. Oleh karena itu, secara terminologis pengertian dakwah dimaknai dari aspek positif ajakan tersebut, yaitu ajakan kepada kebaikan dan keselamatan dunia akhirat. Teknologi diera globalisasi ini telah mengalami kemajuan yang begitu pesatnya,beragam macam media komunikasi bersaing dalam memberikan informasi yang tanpa batas. Dunia kini telah dan sedang berubah, bergulir dalam proses revolusi informasi dan komunikasi yang melahirkan peradaban baru sehingga mempermudah manusia untuk saling berhubungan serta Meningkatkan mobilitas sosial. Kehadiran media ditengah-tengah kita, seperti surat kabar, radio, televisi dan internet, sebagai sarana dakwah di abad modern telah berpengaruh luas. Suatu pesan atau berita dapat dengan
mudah di terima oleh masyarakat dalam waktu yang relatif singkat.
Keywords
References
Abdul Zulkipli, Islam, Komunikasi dan Tekhnologi Maklumat, Ghani,
Jakarta, hlm 34-35
Asep Saeful Muhtadi, 2012, Komunikasi Dakwah : Teori, Pendekatan,
dan Aplikasi, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.
Anwar Arifin, 2011, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi,
Yogyakarta: Graha Ilmu
Asep Muhyidin dan Agus Ahmad Safei, 2002. Metode Pengembangan
Dakwah, Pustaka Setia, Bandung.
Apriadi Tamburaka, 2013, Literasi Media, Jakarta, Raja Grafindo
Persada.
Didin Hafighuddin, Dakwah Aktual, Gema Insani, Jakarta, 1998
Dicky Sohjan, 2013, Agama dan Televisi di Indonesia Seputar
Dakwahtainment, Yogyakarta, Globethics.net
Hamzah Ya’qub, 1992, Publistik Islam: Teknik Dakwah dan
Leadership, Bandung: CV. Diponegoro.
James P. Chaplin, 1997, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta, Raja
Grafindo Persada.
Moh. Ali Aziz, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Rohandi Abdul fatah dan M. Tata Taufik, Manajememen Dakwah
diera global sebuah pendekatan metodologi, Amissco, Jakarta,
, hlm, 113
Samsul Munir Amin, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta: AMZAH.
Wahyu Ilaihi, 2010, Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i1.2906
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.