Open Journal Systems

PERKEMBANGAN MEDIA SEBAGAI SARANA DAKWAH

Istina Rakhmawati

Abstract

Media adalah alat atau wahana yang digunakan untuk memindahkan  pesan dari sumber kepada penerima, dari da’i ke mad’u. Untuk itu berdakwah melalui media merupakan penyampaian pesan dakwah dengan menggunakan sarana media untuk meneruskan pesan kepada audien yang jauh tempatnya atau banyak jumlahnya. Lebih jauh lagi perkembangan media dakwah adalah alat yang menjadi perantara penyampaian pesan atau informasi kepada mitra dakwah. Seorang pendakwah yang ingin menyampaikan pesan dakwahnya diterima mad’u di seluruh lapisan masyarakat maka dibutuhkan materi dakwah dengan mengikuti perkembangan media sekarang ini diantaranya
menggunakan media radio, televisi, internet, facebook, media cetak maupun elektronik. Jika pesan dakwahnya ingin didengar, didengar, dibaca tentunya juga harus menggunakan fasilitas media untuk memudahkan misi dakwah kita, contoh misal teks ayat-ayat al-Quran yang dikutip dapat dibaca serta ekspresi wajahnya bisa dilihat oleh semua pemirsa, maka ia harus menggunakan media televisi. Jika ingin pesan dakwahnya dibaca orang, maka seorang dai harus menggunakan media cetak, dan bila pesannya bisa di dengar oleh orang lain maka
dibutuhkan media audio (radio) Secara umum berdakwah merupakan kegiatan mengajak atau menyeru, memanggil, seruan, permohonan dan  permintaan. Istilah dakwah ini sering diberi arti yang sama dengan
istilah-istilah tabligh, amar-ma’ruf dan nahi mungkar, mau’idzhoh hasanah, tabsyir, indzar, washiyah, tarbiyah, ta’lim dan khotbah. Oleh karena itu, secara terminologis pengertian dakwah dimaknai dari aspek positif ajakan tersebut, yaitu ajakan kepada kebaikan dan keselamatan dunia akhirat. Teknologi diera globalisasi ini telah mengalami kemajuan yang begitu pesatnya,beragam macam media komunikasi bersaing dalam memberikan informasi yang tanpa batas. Dunia kini telah dan sedang berubah, bergulir dalam proses revolusi informasi dan komunikasi yang melahirkan peradaban baru sehingga mempermudah manusia untuk saling berhubungan serta Meningkatkan mobilitas sosial. Kehadiran media ditengah-tengah kita, seperti surat kabar, radio, televisi dan internet, sebagai sarana dakwah di abad modern telah berpengaruh luas. Suatu pesan atau berita dapat dengan
mudah di terima oleh masyarakat dalam waktu yang relatif singkat.

Keywords


Perkembangan Media, Dakwah Islam

References


Abdul Zulkipli, Islam, Komunikasi dan Tekhnologi Maklumat, Ghani,

Jakarta, hlm 34-35

Asep Saeful Muhtadi, 2012, Komunikasi Dakwah : Teori, Pendekatan,

dan Aplikasi, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Anwar Arifin, 2011, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi,

Yogyakarta: Graha Ilmu

Asep Muhyidin dan Agus Ahmad Safei, 2002. Metode Pengembangan

Dakwah, Pustaka Setia, Bandung.

Apriadi Tamburaka, 2013, Literasi Media, Jakarta, Raja Grafindo

Persada.

Didin Hafighuddin, Dakwah Aktual, Gema Insani, Jakarta, 1998

Dicky Sohjan, 2013, Agama dan Televisi di Indonesia Seputar

Dakwahtainment, Yogyakarta, Globethics.net

Hamzah Ya’qub, 1992, Publistik Islam: Teknik Dakwah dan

Leadership, Bandung: CV. Diponegoro.

James P. Chaplin, 1997, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta, Raja

Grafindo Persada.

Moh. Ali Aziz, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Rohandi Abdul fatah dan M. Tata Taufik, Manajememen Dakwah

diera global sebuah pendekatan metodologi, Amissco, Jakarta,

, hlm, 113

Samsul Munir Amin, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta: AMZAH.

Wahyu Ilaihi, 2010, Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i1.2906

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.