Open Journal Systems
KEUNGGULAN METODE DAKWAH MELALUI MEDIA
Abstract
Media merupakan sarana yang digunakan untuk memindahkan pesan
dari sumber kepada penerima. Untuk itu mediated communication
merupakan media dakwah yang menggunakan saluran atau sarana
untuk meneruskan suatu pesan kepada masyarakat yang jauh
tempatnya atau banyak jumlahnya. Adapun keunggulan media tersebut
merupakan sarana dakwah tak langsung (indirect communication), dan
sebagai konsekuensinya arus balik pun tidak terjadi pada saat pesan
dakwah dilancarkan. Maka dari itu dakwah melalui media bersifat
satu arah sehingga media dakwah tidak mengetahui tanggapan mad’u
dengan seketika. Da’i tidak mengetahui tanggapan da’i pada saat ia
menyampaikan pesan. Oleh karena itu, dalam melancarkan sarana
media, sebagai bagian dari keunggulan metode dakwah melalui media
harus lebih matang dalam merencanakan dan dalam persiapan sehingga
ia merasa pasti bahwa media dakwah tersebut akan berhasil. Untuk
itu kita harus memperhatikan beberapa faktor. Media dakwah harus
mengetahui sifat dan karakter media sebagai sarana dakwah yang
akan dituju dan memahami sifat-sifat media yang akan digunakan.
Keywords
References
Abdul Zulkipli, Islam, Komunikasi dan Tekhnologi Maklumat,
Ghani.
Asep Muhyidin dan Agus Ahmad Safei, 2002. Metode Pengembangan
Dakwah, Pustaka Setia, Bandung.
Asmuni Syukir, 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, al-Ikhlas,
Surabaya.
Didin Hafiduddin, 1998. Dakwah Aktual, Jakarta, Gema Insani.
_____, 2009. Metode dakwah, Jakarta, Gudang Ilmu.
Rohandi Abdul Fatah dan M. Tata Taufik, 2003. Manajememen
Dakwah di era global sebuah pendekatan metodologi, Amissco,
Jakarta.
Hisham Yahya Altalib, 1996. Panduan Latihan Bagi Juru Dakwah.
Jakarta : Media Dakwah.
Munzier Suparta dan Harjani Hefni, 2003. Metode Dakwah. Jakarta,
Prenada Media.
Suisyanto, 2006. Pengantar Filsatat Dakwah. Yogyakarta: Teras.
Wahyu Illaihi, 2010. Komunikasi Dakwah, PT Remaja Rosdakarya,
Bandung.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i1.2905
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.