Open Journal Systems

KERAGAMAN MEDIA DAKWAH SEBAGAI PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM (Pemahaman terhadap Etika Komunikasi)

Farida Farida

Abstract

Membahas kepribadian manusia selalu menarik karena terdapat keunikan dari kekhasannya dalam aktualisasi di lingkungan, sehingga terdapat perbedaan dari masing-masing individu. Namun kepribadian muslim telah jelas dibahas dalam al-Qur’an, kategori bagi perilaku terpuji dan perilaku tercela. Namun kepribadian muslim perlu untuk dibentuk dan dilatihkan oleh orang-orang dewasa dengan dukungan dari lingkungan dengan berpedoman pada nilainilai Islam yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Hadits. Karena manusia memiliki kelebihan komunikasi, maka manusia dapat di  didik dengan komunikasi verbal maupun non verbal secara langsung maupun memanfaatkan keragaman media di era modern dengan tetap menggunakan etika komunikasi. Hal tersebut diupayakan dalam aktivitas dakwah karena setiap muslim memiliki kewajiban untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar sehingga terwujudlah kepribadian muslim dalam bingkai dakwah yang rahmatan lil alamin. 

 

Keywords


Media Dakwah, Kepribadian Muslim, Dan Etika Komunikasi

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Efektif pemanfaatan Teknologi

Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan.

Yogyakarta: DIVA Press.

Bastaman, Hanna Djumhana. 2005. Integrasi Psikologi dengan Islam:

Menuju Psikologi Islam. Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil

bekerjasama Pustaka Pelajar.

Hanurawan, Fattah. 2012. Psikologi Sosial. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Harun, Rochajat. 2008. Komunikasi Organisasi. Bandung: Mandar

Maju.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Jakarta:

Kencana.

Mufid, Muhammad. 2012. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta:

Kencana.

Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf. 2001. Nuansa-nuansa Psikologi

Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nata, Abuddin. 2015. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta:

RajaGrafindo Persada.

Sunyoto, Danang. 2013.Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data

Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CAPS (Center for

Academic Publishing Service).


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i1.2904

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.