Open Journal Systems
Transformasi Dakwah Islam di Youtube Shorts (Studi Kasus Channel Youtube Zein Muchsin Official)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan efektivitas dakwah Islam melalui platform Youtube Shorts, khususnya dalam konteks penyampaian pesan dengan durasi video yang terbatas. Studi kasus dilakukan pada channel YouTube Zein Muchsin Official yang dikelola oleh K.H. Muchsin, Lc dengan menggunakan teori Uses and Gratifications. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis isi konten dan interaksi audiens melalui komentar, likes, dislikes, dan shares. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara mendalam untuk memahami strategi konten dan efektivitas dakwah melalui Youtube Shorts Zein Muchsin Official. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan format video pendek sebagai media dakwah dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan penonton, terutama di kalangan generasi muda yang terbiasa menyerap informasi dengan cepat. Materi yang aktual, dikemas dengan ringkas menggunakan bahasa yang sederhana, serta humor yang segar, membuat konten Youtube Shorts Zein Muchsin Official digemari banyak audiens.
Keywords
References
Ahmad, Nur. 2014. “Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi: Formulasi Karakteristik , Popularitas , Dan Materi Di Jalan Dakwah.” Addin 8(2):319–44.
Aliyudin, Aliyudin. 2020. “Prinsip-Prinsip Metode Dakwah Menurut Al-Quran.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 5(16):181–96. doi: 10.15575/idajhs.v5i16.360.
Anon. 2024. “Strategi Dakwah Channel Youtube Shift Media Dalam Menanamkan.”
Devi, Adella Aninda. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1):1–5.
Fais Noor, M. M., and Hisny Fajrussalam. 2021. “I Makna A’raaf K*, Prihantoro N P, Sifa Larasati.” Dakwah 21:173–80.
Fauzi. 2023. “Dakwah Digital : Peluang Dan Tantangan.” AT-TABSYIR : Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 10(2):254–70. doi: http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v10i2.24171.
Fitriyani, Hikmah, Nur Sholekhati, Nailatun Nafisah, Nur Hanifah, and Vyki Mazaya. 2023. “Youtube Sebagai Strategi Dakwah Milenial.” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 4(1):71–86. doi: 10.53429/j-kis.v4i1.651.
Flaviana, Aneu Karlob, and Syahputra Syahputra. 2021. “Analisis Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement.” JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen 11(2):111–36. doi: 10.34010/jurisma.v11i2.3063.
Hamdan, and Mahmuddin. 2021. “Youtube Sebagai Media Dakwah.” Palita: Journal of Social Religion Research 6(1):2527–3752.
Hasnan, Fauqi. 2023. STRATEGI DAKWAH AKUN INSTAGRAM @ASADEDULLOH DALAM MENINGKATKAN AKIDAH FOLLOWERS. Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.
Kasim, Syahid, Universitas Nahdlatul, and Ulama Sulawesi. 2024. “EFEKTIVITAS KONTEN DAKWAH PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU MAHASISWA DI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA.” 2(2):153–59.
Kustiawan, Winda, Fikrah Khairani Siregar, Sasi Alwiyah, Rofifah Abiyyah Lubis, Fatma Zuhro Gaja, Nilam Sari Pakpahan, and Nur Hayati. 2022. “Komunikasi Massa.” Journal Analytica Islamica 11(1):134. doi: 10.30829/jai.v11i1.11923.
Najamuddin. 2020. “Strategi Dakwah Dan Faktor Pengaruh Pendahuluan Dalam Konstelasi Kehidupan Di Dunia Ini Manusia Tentunya.” Jurnal Studi Islam 12(April):25–46.
Nurrohman, Aziz Setya, and Anwar Mujahidin. 2022. “Strategi Dakwah Digital Dalam Meningkatkan Viewers Di Channel Youtube Jeda Nulis.” JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat 1(1):20–32. doi: 10.21154/jusma.v1i1.513.
Pimay, Awaludin, and Fania Mutiara Savitri. 2021. “Dinamika Dakwah Islam Di Era Modern.” Jurnal Ilmu Dakwah 41(1):43–55. doi: 10.21580/jid.v41.1.7847.
Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81. doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rosid, Afif Abdul. 2020. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH (Studi Kasus Akun Instagram @kajian.Ustadz.Abdulsomad) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta.” 2.
Shafa Tasya Kamilah, Putri Adiniyah Shoheh, Mufti Khairul Zain, and Meity Suryandari. 2023. “Analisis Konten Dakwah Dalam Aplikasi Tik Tok Di Kalangan Remaja.” ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora 1(1):50–62. doi: 10.59246/aladalah.v1i1.148.
Siregar, Asma Sari, and Maulana Andi Surya. 2022. “Analisis Use And Gratification Dalam Menentukan Strategi Dakwah Virtual.” An Nadwah XXVIII(2):1–12.
Sugiono, and Puji Lestari. 2021. Metode Penelitian Komunikasi. edited by Sunarto. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Uddin, Syaif, and Abdul Muhid. 2021. “Efektivitas Pesan Dakwah Di Media Sosial Terhadap Religiusitas Masyarakat Muslim: Analisis Literature Review.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20(1):17. doi: 10.18592/alhadharah.v20i1.4835.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v11i2.29028
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.