Open Journal Systems
Strategi Dakwah Dinda Ibrahim dalam Menanamkan Akidah Gen-Z di TikTok
Abstract
Aplikasi TikTok merupakan media sosial yang sedang digemari oleh warga net, terutama oleh anak-anak Gen-Z. Saat ini sudah banyak sekali content creator yang bermunculan dan mengunggah berbagai jenis konten yang beragam. Di aplikasi ini, selain digunakan untuk hiburan juga bisa digunakan sebagai tempat bagi warga net untuk menambah ilmu pengetahuan. Dewasa ini, sudah banyak sekali dai-dai muda yang mulai bermunculan dimana mereka menjadikan TikTok sebagai wadah untuk berdakwah, salah satunya adalah Dinda Ibrahim. Dinda Ibrahim turut meramaikan TikTok dengan membuat konten edukatif islami di akun pribadinya. Dinda Ibrahim mengemas konten dakwahnya dengan kreatif dan juga kekinian, hal itu agar menarik perhatian warga net, terutama bagi para Gen-Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang dilakukan Dinda Ibrahim di TikTok dalam menanamkan akidah Gen-Z. selain itu, penelitian ini dilakukakan sebagai acuan bagi para da’i yang ingin berdakwah melalui sosial media untuk membuat konten yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui media digital, buku, jurnal, dan literatur lainnya yang terkait dengan strategi dakwah dan media yang digunakan. Hasil Penelitian ini yaitu Dinda Ibrahim menggunakan berbagai macam strategi dalam berdakwah di Tiktok, diantaranya strategi sentimental, strategi rasional, strategi indrawi.
Keywords
References
Ajidan. (2017). Strategi Dakwah Pesantren Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Harmonis. Jurnal Peurawi, 11-12.
Choirrudin, C., Salsabila, & Hanifaj, U. (2021). Strategi Dakwah di Era Pandemi Covid” (Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 167.
Dhia, R. N., & Pramesti, J. A. (2021). Analisis Retorika Aristoteles Pada Kajian Ilmiah Media Sosial Dalam Mempersuasi Publik”. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 85.
Najmuddin. (2020). Strategi Dakwah dan Faktor Pengaruh. Tasamuh, 26.
Rafiq, M. Strategi Dakwah Antar Budaya. Hikmah Vol. 14 No. 2, (2020), 287.
Sakdiah, H. (2016). Komunikasi Interpersonal sebagai Strategi Dakwah Rasulullah (Perspektif Psikologi). Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah , 43.
Setiawan, N., & Arif, M. F. (2023). Pengaruh Video Dakwah Pada Akun TikTok @Faiznaufal Terhadap Kesadaran Followers. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 36.
Syahputra, A. A. (2022). Analisis Filsafat: Retorika Aristotels Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking dan Relevansinya Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 21.
Tusadiyah, N., & Prasetyo, H. (2022). Strategi Dakwah KH. Rif’ Rif’an di Ponpes Bhrul Ulum Rantau Jaya Kabupaten Muratara. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah , 16-17.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v11i2.28195
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.