Open Journal Systems

Komunikasi Massa dalam Psikologi Komunikasi Dakwah

Mochammad Nasrullah

Abstract

KOMUNIKASI MASSA DALAM PSIKOLOGI KOMUNIKASI DAKWAH. Perkembangan komunikasi massa di era modern sangat pesat, termasuk dalam sektor dakwah yang turut terdampak oleh digitalisasi. Banyak pendakwah beralih ke platform media sosial karena efektivitasnya dalam menarik jamaah. Namun, interaksi di media sosial sering menimbulkan gesekan antar pengguna, yang perlu diawasi agar tidak berkembang menjadi tindakan yang berdampak hukum. Berdasarkan fenomena ini, penelitian ini tertarik mengkaji dimensi psikologis yang mempengaruhi perilaku pengguna media sosial. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga dimensi psikologis yang mempengaruhi perilaku pengguna media sosial, yaitu kognitif, afektif, dan perilaku (behavior). Ketiga dimensi ini memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana pengguna berinteraksi di media sosial, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi hubungan sosial dan dampak hukum dari interaksi digital.

Keywords


Dakwah, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi

References


Alfiansyah, A., & Fajriyah, F. (2023). Social Media as a Public Sphere, Menguatnya Gerakan Islam Konservatif dalam Dunia Pendidikan. Molang : Journal Islamic Education, 1(01). https://doi.org/10.32806/jm.v1i01.228

Ardianto, E. D. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024.

Asriyanti Rosmalina, T. K. (2021). Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dakwah Pada Masa Pandemi. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 147–160.

Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Kencana.

Institute, S. (2023). Kondisi Toleransi Siswa Sekolah Menengah Atas.

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). KOMUNIKASI MASSA. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134. https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923

M. Quraish Shihab. (2001). Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Mizan.

Mulyono, F. (2021). Dampak Media Sosial bagi Remaja. Jurnal Simki Economic, 4(1). https://doi.org/10.29407/jse.v4i1.66

Munir, M. (2006). Metode Dakwah. Kencana.

Safrawali. (2021). Belajar Agama Islam di Era Digital : Fenomena Akses Informasi Keagamaan Melalui Media Sosial. Jurnal Sains Sosio Huaniora, 5(1).

Safrizal. (2019). Komunikasi Massa Sebagai Media Dakwah. Al-Hikmah: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(1), 52–70. https://doi.org/10.32505/hikmah.v10i1.1707

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sukendar, M. U. (2017). Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktek. CV. Budi Utama.

Yasir. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.

Zaini, A. (2013). Dakwah Melalui Internet. Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 93–108.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v11i1.27284

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.