Open Journal Systems
Penggunaan Media Digital oleh Orang Tua Digital Native dalam Komunikasi Parenting Anak Usia Dini
Abstract
PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL OLEH ORANG TUA DIGITAL NATIVE DALAM KOMUNIKASI PARENTING ANAK USIA DINI. Dampak negative penggunaan media digital yang tidak tepat pada anak usia dini pun turut muncul seiring makin meluasnya penggunaan media digital di kalangan keluarga. Orang tua digital native seharusnya mengetahui bagaimana pemanfaatan media digital yang baik dalam proses komunikasi parenting untuk mendukung tercapainya proses tumbuh kembang yang optimal. Oleh karena itu, Penelitian ini mencari tahu bagaimana orang tua digital native di Kota Bandar Lampung memanfaatkan media digital dalam proses komunikasi parenting anak usia dini.Dengan menganalisis kebutuhan dan perilaku digital orang tua menggunakan teori Uses and Gratification, dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang didukung oleh metode analisis pustaka, ditemukan bahwa Orang tua digital native di Kota Bandar Lampung menggunakan dan memanfaatkan media digital dalam proses komunikasi parenting anak usia dini. Hal ini dilakukan dalam rangka memperoleh kemudahan dalam proses parenting anak usia dini, yaitu dengan mencegah ancaman media digital dan memaksimalkan proses belajar dan bermain bagi anak usia dini agar sesuai dengan stimulasi sesuai usia anak. Pemanfaatan media digital oleh orang tua digital native di Kota Bandar Lampung dilakukan dengan menerapkan strategi digital parenting yang terdiri dari pemilihan konten, pembatasan, pengawasan dan pendampingan dalam pemanfaatan media digital bagi anak usia dini.
Keywords
References
Abid, N. (2011). Developing A Web-Based Model Using Moodle 1.9 For Teaching And Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas)
Anggraini, G. F., Sofia, A., Rizky, D., & Een, Y. H. (2021). Digital Parenting: Pelatihan Kompetensi Pengasuhan Orang Tua (Parenting) Anak Usia Dini di Era Milenial. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1191-1201.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (1993). Dasar-dasar Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2).
Lestari, S. (2016). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanaman konflik dalam keluarga. Prenada Media.
Littlejohn Stephen, W., & Foss, K. A. (2014). Teori Komunikasi.Jakarta: Salemba Humanika, i–vii(September).
Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak.Kencana.
Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran digital parenting terhadap perkembangan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di ra bunayya giwangan. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 41-55.
Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran Digital Parenting Terhadap Perkembangan Berpikir LogisAnak Usia 5-6 Tahun Di Ra Bunayya Giwangan. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 482-490.
Wolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Pearson Education IncEnglish At Smk Negeri 1 Jombang. Universitas Islam Malang.
Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Demak. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213–234. http://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V12I1.2347
Indrajit, R. E. (2016). E- Learning dan Sistem Informasi Pendidikan: Modul Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi dan Kualifikasi Kerja (2 ed.). Yogyakarta: Preinexus.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v11i1.27049
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.