Open Journal Systems

Dakwah Digital: Peluang dan Tantangan

Fauzi Fauzi

Abstract

DAKWAH DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN. Penelitian ini berfokus pada bagaimana transformasi digital saat ini mengubah kegiatan dakwah. Penelitian ini menunjukkan dua tujuan: 1) menggambarkan peluang dakwah di era digital dan 2) menggambarkan kegiatan dakwah di era digital yang menghadapi tantangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang merupakan jenis penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan melalui media digital, buku, laporan penelitian, jurnal, dan literatur lainnya yang terkait dengan dakwah Islam untuk menunjukkan peluang dan tantangan. Keabsahan data diuji dengan teknik uji validitas internal dan eksternal, reliabilitas, dan objektivitas. Analisis data juga dilakukan dengan analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi, display dan memverifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mendapatkan pesan dakwah di mana saja dan kapan saja adalah peluang dakwah di era digital. Peluang yang lain yaitu kemudahan untuk membangun komunitas dakwah. Kemampuan para da'i untuk mengemas pesan yang menarik merupakan tantangan bagi dakwah di era modern. Karena kredibilitas dan kemampuan penyampai pesan diragukan adalah dampak dari keterbukaan informasi yang memengaruhi otentitas pesan dakwah. Selain itu, menyebarnya konten dakwah yang tidak tepat dan menyesatkan merupakan dampak dari kemudahan akses informasi.

Keywords


Dakwah, Era Digital, Pesan

References


Abrori, Abrori, M. S. A. (2023). Aktualisasi Metode Dakwah Milenial Menghadapi Tantangan Perubahan Sosial Masyarakat.". Jurnal Mu’ashir: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 1(1), 29-40.

Ahmad, N. (2014). Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi: Formulasi Karakteristik , Popularitas , dan Materi di Jalan Dakwah. Addin, 8(2), 319–344.

Ardianto, E. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arifuddin. (2020). “Dakwah through Internet: Challenges and opportunities for Islamic preachers in Indonesia.” Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 3(1), 161-188.

Bakti, Andi Faisal, V. E. M. (2014). “Trendsetter komunikasi di era digital: tantangan dan peluang pendidikan komunikasi dan penyiaran Islam.” Jurnal Komunikasi Islam, 4(1), 20-44.

Campbell, H. (2005). Making space for religion in Internet studies.". He Information Society, 21(4), 309-315.

Fakhruroji, M. (2017). Dakwah di Era Media Baru: Teori dan Aktivisme Dakwah di Internet (1st ed.). Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Habibi, M. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial.". Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(1), 101-116.

Hayatunnisa, F. (2021). Tabayyun Menurut Para Mufasir (Studi Komparasi Tafsir Al-Ṭabarī Dan Tafsir Al-Munīr Terhadap Qs. Al-ḤujurᾹt/49: 6). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hootsuite, W. are S. (2023). Indonesian Digital Report 2023. Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

In’ami, M. (2017). Penguatan Dakwahcyber dalam Menghadapi Era Digital. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 5(2), 80–99. https://doi.org/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3195

Iwan, A. (2021). Strategi Komunikasi Pembangunan Masyarakat. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(2), 84-95.

Julis, S. (2018). Komunikasi Dakwah di Era Cyber. An-Nida’ Jurnal Pemikiran Islam, 42(2), 30–51.

Khoiruddin. (2012). Aktualisasi Dakwah dalam Perspektif Transformasi Sosial”. Jurnal Al- Mishbah, 8(1), 123–134.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (6th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nichols, T. (2017). The Death of Expertise: The Campaign against Established Knowledge and Why it Matters (7th ed.). New York,: Oxford University Press.

Nugraha, Risris Hari, Muhamad Parhan, A. A. (2020). “Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah Digital.” MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(2), 175–194.

Paizin, M. N. (2021). Potential of New Media as a Contemporary Method of Dakwah Zakat Towards Inviting the Community to Pay Zakat. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(2), 219–234. https://doi.org/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/12342/pdf

Permadi, D. P. (2023). Tantangan Dakwah Digital: Perspektif Herbert Marcuse.". Academic Journal of Da’wa and Communication, 4(1), 95-112.

Ridwan, A. (2022). Dakwah dan Digital Culture : Membangun Komunikasi Dakwah di Era Digital. Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 74–84. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id/index.php/LANTERA/article/view/2526

Rubawati, E. (2018). “Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah.” Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 126–142.

Rustandi, R. (2020). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678

Saefulloh, A. (2012). “Cyberdakwah sebagai Media Alternatif Dakwah.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 138-160.

Setia, Paelani, A. M. I. (2021). “Adaptasi media sosial oleh organisasi keagamaan di Indonesia: Studi kanal YouTube Nahdlatul Ulama, NU Channel.” ISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 359-378.

Stewart L.Tubbs-Sylvia Moss. (2012). Human Communication Prinsip - Prinsip dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ummah, A. H. (2020). DAKWAH DIGITAL DAN GENERASI MILENIAL (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Jurnal Tasamuh, 18(1), 54–78. Retrieved from https://doi.org/10.20414/tasamuh.v18i1.2151

Wafa Ridwanulloh, M. (2023). FENOMENA MATINYA KEPAKARAN: Tantangan Dakwah di Era Digital. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam, 5(1), 121–127.

Wahyudi, T. (2021). “Penguatan Literasi Digital Generasi Muda Muslim Dalam Kerangka Konsep Ulul Albab.” Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 161-178.

Zed, M. (2018). Metode penelitian kepustakaan (5th ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i2.24171

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.