Open Journal Systems
Komunikasi Persuasif dalam Pelaksanaan Dakwah: Sebuah Tinjauan Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan yaitu ; 1) untuk menggambarkan penerapan komunikasi persuasif dalam dakwah dan 2)untuk menjelaskan urgensi keterampilan interpersonal dalam dakwah persuasif. Studi ini menggunkan jenis studi kepustakaan. Metode yang digunakan adalah dengan mengumpulkan informasi yang relevan dengan komunikasi persuasi dan dakwah melalui literatur ilmiah, buku, laporan penelitian dan sumber lainnya. Instrumen yang digunakan adalah daftar sumber-sumber literatur yang sudah diklasifikasikan dalam bentuk daftar check-list. Setelah data dikumpulkan, teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi digunakan untuk menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) komunikasi persuasif dalam dakwah menekankan penyampaian pesan dengan mempertimbangkan psikologi dan sosiopsi mad'u, sehingga dapat mengubah sikap dan perilaku mereka serta mendorong mereka untuk menerapkan ajaran Islam. 2) Untuk mencapai tujuan dakwah maka da’i harus memiliki kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal sebagai faktor keberhasilan komunikasi persuasif dalam dakwah dijelaskan dalam konsep AIDDA yaitu perhatian, minat, keinginan, keputusan dan tindakan.
Keywords
References
Cangara, H. (2019). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (2017a). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://rosda.co.id/komunikasi/249-ilmu-komunikasi-teori-dan-praktek.html
Effendy, O. U. (2017b). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://rosda.co.id/komunikasi/249-ilmu-komunikasi-teori-dan-praktek.html
Farida. (2017). “Komunikasi Penyiaran Islam untuk Dakwah Efektif (Memahami Psikologis Mad’u).” Jurna At-Tabsyir, 5(2), 20–39.
Hajar, S. A., & Anshori, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 62–66. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara.
Hardian, N. (2018). Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 42–52. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.92
Hasanah, H. (2016). Arah Pengembangan Dakwah Melalui Sistem Komunikasi Islam. Jurnal At-Tabsyir, 4(1), 131–156. https://doi.org/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2910/2081
Ismail, I. (2012). Dakwah Persuasif. Republika, No. 250.
Kamsyah, Ilaihi, Wahyu, A. (2013). Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lestari, R. (2007). Interpersonal Skill. Jakarta: Pusdiklatwas Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Lievens, Filip, P. R. S. (2012). “The validity of interpersonal skills assessment via situational judgment tests for predicting academic success and job performance.” Journal of Applied Psychology, 97(2), 460.
Masruroh, L. (2020). Komunikasi Persuasif dalam Dakwah Konteks Indonesia. Jakarta: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Maulana, Herdiyan, G. G. (2013). “Psikologi komunikasi dan persuasi.” Jakarta: Akademia Permata 113.
Maulana, H. & G. G. (2020). Psikologi Komunikasi & Persuasi. Jakarta: In Media.
Merizal, M. F. (2018). Pentingnya Kredibelitas Da’i Dalam Menyampaikan Dakwah.". AL-QOLAM: Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyaraka, 2(2), 192-205.
Muhtadi, A. S. (2012). Komunikasi Dakwah : Teori, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhyiddin, A. S. (2022). Dakwah Bi Al-Ḥikmah dalam Membangun Kesadaran Moderasi Beragama. Jurnal At-Tabsyir, 9(1), 125–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v9i1.14916
Munir, M. (2003). Metode Dakwah. Jakarta: Predana Media.
Prijosaksono, Aribowo, R. S. (2003). Self Management Series: If You Want To Be Rich An Happy Maximize Your Strengt (Kiat-Kiat Meningkatkan Dan Memaksimalkan Kinerja).". Jakarta: lex Media Komputindo.
Rahmat, J. (2008). Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi (Edisi Revi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rubin, Robert S., William H. Bommer, T. T. B. (2002). “Using extracurricular activity as an indicator of interpersonal skill: Prudent evaluation or recruiting malpractice?.” Human Resource Management: Published in Cooperation with the School of Business Administration, The University of Michigan and in Alliance with the Society of Human Resources Management, 41(4), 441-454.
Sakdiah, H. (2015). “Urgensi Interpersonal Skill Dalam Dakwah Persuasif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(27), 1–10. https://doi.org/https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/1229/937
Salim, A. (2017). Peran dan fungsi dai dalam perspektif Psikologi dakwah.". Jurnal Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, IX(14), 92–107.
Slamet. (2009). “Efektifitas Komunikasi Dalam Dakwah Persuasif.” Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 20(2), 179-193.
Stewart L.Tubbs-Sylvia Moss. (2012). Human Communication Prinsip - Prinsip dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yefni, G. (2016). “Pemetaan Problematika Komunikasi Dalam Aktivitas Dakwah Di Majlis Taklim Kota Pekanbaru.” Jurnal Sosial Budaya, 13(1), 45-58.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,.
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i2.24148
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.