Open Journal Systems

Pola Komunikasi Guru pada Anak Tunarungu di SLB B-C Dharma Wanita Madiun dalam Proses Belajar

Rifngatul Aulia, Akhmad Rifa'i

Abstract

Pola Komunikasi Guru pada Anak Tunarungu di SLB B-C Dharma Wanita Madiun dalam Proses Belajar. Anak tunarungu sering kali mengalami keterhambatan dalam proses berkomunikasi.  Masyarakat enggan berkomunikasi dengan mereka dikarenakan takut terjadinya kesalahpahaman dalam berinteraksi. Kondisi yang dimiliki anak tunarungu memerlukan perhatian khusus, ini dibuktikan dengan peran pemerintah mendirikan SLB sebagai penunjang perkembangan komunikasi verbal dan nonverbal untuk anak berkebutuhan khusus. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui dan menjabarkan proses komunikasi yang diajarkan guru pada anak tunarungu di sekolah. Pembelajaran itu berupa pengenalan bahasa isyarat serta bagaimana mengaplikasikannya, tulis menulis, membaca, dan seni keterampilan yang bisa membantu anak tunarungu untuk berkomunikasi dengan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data dikumpulkan melalui proses wawancara, observasi, serta dokumentasi. Tulisan ini diperkuat dengan temuan peneliti bahwa komunikasi yang di lakukan oleh guru pada anak tunarungu di SLB B-C Dharma Wanita Kota Madiun seimbang, dimana verbal dan nonverbal dilakukan secara bergantian bahkan bersamaan, kedua komunikasi tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Temuan ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membantu proses komunikasi serta memantau sejauh apa perkembangan anak tunarungu, yang nantinya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan untuk masa depan.

Keywords


Anak Tunarungu, Komunikasi, Verbal, Nonverbal

References


Abdullah, A. (2019). STRATEGI PENANGANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI KELEYAN SOCAH BANGKALAN. AL-IBRAH, 4(2), 129–152.

Agus, M. H. (2003). Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbt Kanisius.

Andayani, S. (2018). Komunikasi Non-Verbal Pustakawan sebagai Penyaji Informasi. Libria, 9(2), 173–182.

Aw, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3).

Azzahra, N. A., Hardika, H., & Kuswandi, D. (2019). Pola Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 137–142.

Bahri, S. (2004). Pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial jilid 1.

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Dyatmika, T. (2021). Ilmu komunikasi. Zahir Publishing.

Geniofam, M., & Khusus, M. A. B. (2013). Yogyakarta: Garai Ilmu, 2010. Gunawa, Imam, Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara.

Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_anakku, 7(1), 101–110.

Hidayat, D. (1919). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya: Fakta penelitian fenomenologi orang tua karir dan anak remaja. -.

Mohammad, E. (2006). Pengantar Psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, A. (2004). Komunikasi organisasi.

Mulyana, D., & Phd, M. A. (2022). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (1990). Komunikasi antarbudaya. Remaja Rosdakarya.

Ng, S. H., & Bradac, J. J. (1993). Power in language: Verbal communication and social influence. Sage Publications, Inc.

Nurhablisyah, H. H. (2023). Verbal and Nonverbal Message: Islamic Broadcasting in YouTube (a Studyof Thematic Al-Qur’an). At-Tabsyir, 10, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v10i1.19996

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu. Kencana.

Pohan, A. (2015). Peran Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Hubungan Manusia. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5–22.

Rahmawati, R., & Gazali, M. (2018). Pola komunikasi dalam keluarga. Al-Munzir, 11(2), 245–327.

Rakhmat, J., & Mulyana, D. (2006). Komunikasi antarbudaya: panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyida, A., Mu’ti, Y. A., Fitriawan, F., Ulfa, R. A., Lestari, A. T., Pratiwi, A. S., … Sunanih, S. (2020). Prosiding SENADA (Seminar Nasional Pendidikan Dasar). PROSIDING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 1–172.

Rustan, E., & Subhan, S. (2018). Komunikasi verbal anak pesisir usia 7-8 tahun pada transaksi penjualan produk kebudayaan dengan turis mancanegara. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 12–28.

Somantri, S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung: Refika Aditama, 37.

Wall, W. D. (1993). Pendidikan konstruktif bagi kelompok-kelompok khusus: anak-anak cacat dan yang menyimpang. (No Title).

Wanita, yayasan dharma. (n.d.). No Title. Retrieved from https://slbdharmawanitamadiun.sch.id/

Yunita, R. (n.d.). POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA MELALUI MEDIA EDUKATIF MENDONGENG DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS SISWA PAUD PELANGI PALMERAH).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i2.23559

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.