Open Journal Systems

Majelis Nurul Legends ala Ustadz Abi Azkakia (Analisis penggunaan streaming game online sebagai dakwah Islam)

M Sholih Salimul Uqba, Nasrulloh Nasrulloh

Abstract

MAJELIS NURUL LEGENDS ALA USTADZ ABI AZKAKIA (ANALISIS PENGGUNAAN STREAMING GAME ONLINE SEBAGAI DAKWAH ISLAM. Penelitian ini menganalisis penggunaan streaming game online sebagai metode dakwah Islam di TikTok, dengan fokus pada Majelis Nurul Legends oleh Ustadz Abi Azkakia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Pengumpulan data melalui pengamatan konten dan live streaming pada akun TikTok @abiazkakiaa serta studi pustaka tentang game online, TikTok, dakwah Islam, dan berita terkait. Hasilnya bahwa penggunaan streaming game online sebagai media dakwah Islam di TikTok memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan meliputi: 1) Adanya daya tarik tersendiri terhadap pengguna TikTok yang relatif muda dan didukung dengan populernya game Mobile Legends; 2) Menghadirkan cara inovatif dan interaktif dalam menyampaikan pesan dakwah Islam. Kekurangan meliputi: 1) Menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat konservatif; 2) Potensi isi konten yang tidak sesuai dengan ajaran Islam; 3) Risiko kecanduan game online. Dampaknya mencakup peningkatan pengetahuan dan pemahaman agama Islam, motivasi untuk mempraktikkan ajaran Islam, serta perubahan perilaku keagamaan yang positif.

Keywords


Streaming Game Online; TikTok; Dakwah Islam

References


@abiazkakiaa. 2022. “Keutamaan Majelis Nurul Legends.” Diambil 8 November 2023 (https://vt.tiktok.com/ZSNUSDo7W/).

@abiazkakiaa. 2023a. “haram ya haram.” Diambil 8 November 2023 (https://vt.tiktok.com/ZSNyMKYkk/).

@abiazkakiaa. 2023b. “Ini emang agak lain.” Diambil 8 November 2023 (https://vt.tiktok.com/ZSNyrkLyM/).

@abiazkakiaa. 2023c. Diambil 8 November 2023 (https://vt.tiktok.com/ZSNyrBFW4/).

Achmad, Zainal Abidin, dan Rachmah Ida. 2018. “ETNOGRAFI VIRTUAL SEBAGAI TEKNIK PENGUMPULAN DATA DAN METODE PENELITIAN.” The Journal of Society & Media 2(2):130. doi: 10.26740/jsm.v2n2.p130-145.

Akila Pratama, Raihan Sukma, dan Febri Yuliani. 2021. “ANALISIS POLA KONSUMSI MEDIA DI MASA PANDEMIC COVID – 19.” Publik Reform 8(1):13–20. doi: 10.46576/jpr.v8i1.1468.

Annur, Cindy Mutia. 2023. “Jumlah Pengguna TikTok Global Bertambah Lagi pada Kuartal I-2023.” Databoks. Diambil 3 November 2023 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/06/jumlah-pengguna-tiktok-global-bertambah-lagi-pada-kuartal-i-2023#:~:text=%22TikTok%20mencapai%201%2C6%20miliar,on%2Dyear%2Fyoy).).

AppMagic. 2023. “Mobile Legends: Bang Bang.” Diambil (https://appmagic.rocks/google-play/mobile-legends-bang-bang/com.mobile.legends/info).

Arif, Muhammad, dan Sandy Aditya. 2022. “Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang.” Journal of Intercultural Communication and Society 1(01):31–45.

Briandana, Rizki, Caturida, Shahir, dan Wan. 2020. “Da’wah Communication and Social Media: The Interpretation of Millennials in Southeast Asia.” International Journal of Economics and Business Administration VIII(Special Issue 1):216–26. doi: 10.35808/ijeba/543.

Databoks, Databoks. t.t. “Warga Dunia Rata-rata Nonton TikTok Lebih dari 1,5 Jam per Hari.” Diambil (https://databoks.katadata.co.id/).

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21(1):33–54.

Firmansyah, Deri. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1(2):85–114.

Firth, Joseph, John Torous, Brendon Stubbs, Josh A. Firth, Genevieve Z. Steiner, Lee Smith, Mario Alvarez‐Jimenez, John Gleeson, Davy Vancampfort, Christopher J. Armitage, dan Jerome Sarris. 2019. “The ‘Online Brain’: How the Internet May Be Changing Our Cognition.” World Psychiatry 18(2):119–29. doi: 10.1002/wps.20617.

Game RWK. 2022. “Mendominasi, Indonesia Menyumbang Pemain Terbanyak di Mobile Legends.” Diambil (https://gamerwk.com/mendominasi-indonesia-menyumbang-pemain-terbanyak-di-mobile-legends/).

Imron Rosidi. 2021. “Da’wah and Politics Among Muslim Preachers in Contemporary Indonesia.” Intellectual Discourse 29(1):35–52.

Kemenag RI. 2022. “Al-Qur’an Surah Ali-’Imron Ayat 110.” Diambil 7 November 2023 (https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/3?from=110&to=110).

Khoiriyah, Intan, dan Hadi Ismanto. 2022. “PEMANFAATAN MEDIA DAKWAH MELALUI AKUN TIKTOK @SYAM_ELMARUSY DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH ISLAM.” 02(02).

Liandi, Jonathan. t.t. “DAKWAH PERTAMA DI MLBB⁉️ MAJELIS NURUL LEGEND WAJIB NONTON‼️ - EMPETALK Ustadz Abi.”

Nasikhin, Khoirul, dan Sufyanto Sufyanto. 2023. “Da’wah Communication Style with Games on Ustadz Abi Azkakia Through Live Tiktok | Indonesian Journal of Cultural and Community Development.” Diambil 3 November 2023 (https://ijccd.umsida.ac.id/index.php/ijccd/article/view/923/1098).

Palupi, Rismaka, Umi Istiqomah, Fella Vidia Fravisdha, Nur Lail Septiana, dan Ailyn Maharung Sarapil. 2021. “Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Di Era Modern.” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 5(1):89–104.

Pertiwi, Femilia, dan Irwansyah Irwansyah. 2020. “Personal Branding Ria Ricis Pada Media Sosial Instagram.” Jurnal Penelitian Komunikasi 23(1).

Prihatini, Millenia, dan Abdul Muhid. 2021. “Literasi digital terhadap perilaku penggunaan internet berkonten islam di kalangan remaja muslim kota.” Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 6(1):23–40.

Purwani, Diah Ajeng, dan Rama Kertamukti. 2020. “Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual.” Dalam Berkarya Tiada Henti: Tiga Lentera Bulaksumur 65–76.

Radzol, A. R. M., dan N. Hamzah. 2023. “Islamization of Engineering Education: A Control Systems Theory Perspective.” Hlm. 7–12 dalam 2023 IEEE 12th International Conference on Engineering Education (ICEED). Shah Alam, Malaysia: IEEE.

Ramadhani, Izky Putri, dan Rubino Rubino. 2023. “Pemanfaatan Akun Instagram @farahqoonita dalam Meningkatkan Etika Komunikasi Islam di Kalangan Remaja Desa Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjungbalai Asahan.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press). doi: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.20152.

Rifki, Billy. 2023. “Akademi Garudaku Gandeng Ustadz Abi untuk Edukasi Akhlak Gamer.” esports.id. Diambil (https://esports.id/other/news/2023/03/14ea12a8d4c1ce8ae45564cddc241e95/akademi-garudaku-gandeng-ustadz-abi-untuk-edukasi-akhlak-gamer).

Rohman, Taufik Nur. t.t. “Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Abi Azkakia Pada Konten Live Streaming Game Mobile Legends Dalam Aplikasi Tiktok.”

Romdhoni, Fadhil Rizqi. 2023. “The PENGARUH KONTEN GAME STREAMING PADA KANAL YOUTUBE TERHADAP DEKADENSI AKHLAK GENERASI MUDA.” Nathiqiyyah 6(1):46–54.

Rukin, S. Pd. 2019. Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Saadah, Neng Ayu. 2022. “Dakwah Melalui Live Streaming Tiktok pada Mobile Legends; Studi Fenomenologis Akun@ Abiazkakiaa.” Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 13(02):144–55.

Satria, Budi Satria, Jumiyati, Pipir Romadi, dan Riski Alwi,S.Sy.,MH. 2023. “Youth, Da’wah and Tik Tok: A Case Study of Husain Basyaiban.” JIM 1(2):25–32. doi: 10.58794/jim.v1i2.496.

TikTok, TikTok. 2023. “TikTok.” Diambil 6 November 2023 (https://www.tiktok.com/@abiazkakiaa?lang=id-ID).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i2.23468

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.