Open Journal Systems

Marketing Public Relations pada Startup dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Era Marketing 4.0

Hanim Rohnulyanti

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia hari ini semakin banyak startup bermunculan dan tumbuh. Berbicara mengenai keberhasilan startup, tak dapat dipungkiri ada peran besar public relations di sana. Ada strategi tertentu pada kegiatan public relations yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai target marketing. Hal tersebut tercatat mampu meningkatkan perkembangan startup lebih cepat dan mencapai target. Di tengah isu regulasi, startup Indodax.com berupaya memberikan edukasi kepada publik melalui berbagai kegiatan yang menyampaikan konsep blockchain dan aset-aset kripto. Mungkinkah ini menjadi bagian dari strategi marketing public relations mereka? Peneliti menggunakan konsep marketing public relations Thomas L. Harris. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran strategi marketing public relations yang digunakan Indodax.com dalam membangun kepercayaan konsumen di era marketing 4.0. Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menyatakan, dalam  proses membangun kepercayaan konsumen Indodax.com menggunakan tiga strategi utama sebagai pilar dalam kegiatan marketing public relations: 1)strategi dorong (power); 2)strategi tarik (public relations); 3)strategi melewati (power+corporate public relations). Indodax.com menggunakan tools tertentu pada setiap strategi sesuai dengan publik yang mereka hadapi. Di antara tools tersebut: forum online dan media sosial (strategi dorong); seminar/konferensi dan ekshibisi (strategi tarik); menilai masalah, tindakan menasihati, dan komunikasi (strategi melewati).

Keywords


Marketing Public Relations, Startup, Marketing 4.0

References


Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Anestia, Cori. (2018). Tiga Strategi Kehumasan yang Bisa Dicontoh Saat Meluncurkan Startup. Diakses 30 Juni 2018, dari https://dailysocial.id/post/tiga-strategi-kehumasan-yang-bisa-dicontoh-saat-meluncurkan-startup

Chandra, Tony. (2018). Strategi Digital Marketing: Push Marketing Vs Pull Marketing. Diakses 1 Januari 2019, dari https://rekandigital.com/strategi-digital-marketing-push-marketing-vs-pull-marketing/

CIPR. (2010). Social Media Guidelines. Diakses 5 Mei 2018, dari http://www.cipr.co.uk/socialmedia/

Daymon, Christine dan Immy Holloway. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. USA & Canada: Routledge.

Devi, Zeilla Muti. (2015). Pentingnya Public Relations Bagi Startup. Diakses 30 November 2018, dari http://marketeers.com/pentingnya-public-relations-bagi-startup/

Du Plessis, Charmaine, George Angelopulo, dan Danie du Plessis. (2006). a Conceptual Framework of Corporate Online Communication: a Marketing Public Relations (MPR) Perspective. Communicatio, 32: 2, 241 — 263. http://dx.doi.org/10.1080/02500160608537972

Giannini, G. T. (2010). Marketing Public Relations: A Marketer’s Approach to Public Relations and Social Media. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Harris, Thomas L. dan Patricia T. Whalen. (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century. USA: Thomson.

Kitchen, P. J. (2010). A Marketing Communication Scenario for 2010. Research Paper for CIPR. London, UK: Chartered Institute of Public Relations.

McCabe, Scott. (2011). Marketing Communication For Tourims & Hospitality. Oxford: Elsevier.

Pambayun, Elly Lestari. (2013). One Stop: Qualitative Research Methodology in Communication. Konsep, Panduan, dan Aplikasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Papasolomou, Ioanna dan Yioula Melanthiou. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management 18(3):319-328. DOI: 10.1080/10496491.2014.696458. https://www.researchgate.net/publication/254370923_Social_Media_Marketing_Public_Relations'_New_Best_Friend

Roikan. (2016). Forum Internet Sebagai Cyber Public Space: Analisa Komparasi Kaskus, Adsense-Id, dan Semprot.com. Jurnal Pemikiran Sosiologi Vol. 3 No. 1, Januari Universitas Gadjah Mada. https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23527

Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schauweker, Ed. (2015). Why Public Relations is The Most Effective at Delivering Awareness, Credibility, and Trust for Small Bussiness. https://www.business2community.com/public-relations/public-relations-effective-delivering-awareness-credibility-trust-small-businesses-01144412

Suhandang, Kustadi. (2014). Public Relations Perusahaan. Bandung: Nuansa.

Yin, Robert K. (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.21447

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.