Open Journal Systems

Komunikasi Penyiaran Islam untuk Dakwah Efektif (Memahami Psikologis Mad’u)

Farida Farida

Abstract

Kelebihan manusia selain akalnya adalah kemampuan berkomunikasi yang merupakan kebutuhan pribadi sosial setiap manusia. Kondisi tersebut menjadi peluang bagi para da’i dalam berdakwah dengan menggunakan komunikasi Penyiaran Islam yang efektif agar memberikan efek positif bagi perubahan. Perubahan secara pribadi umat Islam yakni terbentuknya akhlakul karimah dan perubahan sosial terjalinnya interaksi yang saling menyayangi yang memanusiakan manusia. Upaya yang dilakukan bersama dalam ber-amar ma’ruf nahi munkar menjadi kegiatan dakwah yang menyenangkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi di era modern. Teknologi sebagai media komunikasi Penyiaran Islam agar dakwah lebih efektif dengan memahami psikologis mad’u. Karena penyampaian tentang nilai-nilai Islam dipahami secara ilmu pengetahuan, diterima secara menyenangkan untuk menumbuhkan rasa bangga dan bahagia dunia akhirat serta melakukan ibadah maupun bermuamalah dalam keseharian agar harmonis hidup berdampingan dengan lingkungan alam semesta. Maka komunikasi penyiaran Islam untuk dakwah efektif dengan memahamani psikologis mad’u, yakni: pemahaman tentang nilai Islam, perasaan senang beragama Islam dan melaksanakan Islam dalam kehidupan sehari-hari. 

Keywords


Psikologi Komunikasi, Komunikasi Dakwah, Psikologi Mad’u

References


Achmad Mubarok. 2002. Konseling Agama: Teori dan Kasus. Jakarta. Bina Rena Pariwara. 2002.

Aep Kusnawan. 2004. Komunikasi Penyiaran Islam. Bandung: Dehilman Production.

....................... 2004. Komunikasi & Penyiaran Islam: Mengembangkan Tabligh Melalui Mimbar, Media Cetak, radio, Televisi, Film dan Media Digital. Bandung: Benang Merah Press.

Aep Kusnawan, dkk. 2004. Ilmu Dakwah (Kajian Berbagai Aspek). Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Asep Muhyidin. dkk. Metode Pengembangan Dakwah. Bandung. Pustaka Setia. 2002.

David Holmes. 2012. Teori Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Djamaludin Ancok dan Fuat Nashori Suroso. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Arifin. Psikologi Dakwah: Suatu Pengantar Studi. Jakarta. Bumi Aksara. 2004.

Jurnal Komunikasi Islam. Vol 02, N0 01, Juni 2012. Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Mondry. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor. Ghalia Indonesia. 2008.

Rulli Nasrullah. 2014. Teori dan riset Media Siber (Cybermedia). Kencana. Jakarta.

Wahyu Ilaihi. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung. Remaja Rosdakarya.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v5i2.20417

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.