Open Journal Systems

Strategi Komunikasi PT KAI dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Selama Pandemi dalam Perspektif Islam

Alifa Nur Fitri, Dandi Prayuda, Heni Indrayani

Abstract

Tingginya persaingan dalam menawarkan produk/jasa menjadi sesuatu yang tidak bisa terlekkan dalam industri bisnis. Berbagai cara ditempuh sebuah perusahaan demi menggaet atensi, kepuaan hingga rasa loyal pelanggannya. Konsumen menjadi aset brharga bagi perusahaan sebab keberlangsungan mereka tergantung dengan minat konsumen. KAI sebagai fokus penelitian ini akan mengungkap strategi yang mereka gunakan sehingga hingga saat ini KAI masih berdiri bahkan telah menguasai segmen loyalitas dari penumpangnya. Strategi komunikasi yang mereka lakukan tidak sebatas komunikasi transaksional yang berorientasi pada sisi profit saja, namun jiga melibatkan kebutuhan, kesenangan konsumen untuk memahami mereka yang berlandaskan pada komunikasi empati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis deskriptif dengan fokus pada strategi komunikasi yang dilakukan KAI demi menggaet kepuasan pelanggan. Metode kualitatif meneliti secara mendalam tentang subjek penelitian, analisis deskriptif dapat memberikan perspektif tentang strategi yang dilakukan yang berkaitan dengan subjek penelitian. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa KAI telah menerapkan strategi komunikasi yang efektif dengan jenis komunikasi empati yang berorientasi pada kebutuhan konsumen sehingga mencapai loyalitas pelanggan.

Keywords


Strategi, Komunikasi, Pelanggan, KAI, Kepuasan

References


Anggadwita, G. (2013) ‘Service Innovation in Public Sector : A Case Study on PT. Kereta Api Indonesia’, Journal of Social and Development Sciences, 4(7), pp. 308–315. doi:10.22610/jsds.v4i7.766.

Ansori (2015) ‘Customer Experience Thaeory’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), pp. 49–58.

Barsky, J.D. and Labagh, R. (1992) ‘A Strategy for Customer Satisfaction’, Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 33(5), pp. 32–40. doi:10.1177/001088049203300524.

CNN, T. (2022) ‘Es Teh Indonesia Minta Maaf Usai Somasi Pelanggan’, CNN, pp. 1–2. Available at: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220929153134-92-854298/esteh-indonesia-minta-maaf-usai-somasi-pelanggan.

Cresswell, J.W. (2015) Penelitian Kualitatif dan Desain Riset(Memilih Diantara Lima Pendekatan). edisi ke 3. Edited by Saifuddin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cultip, S.C.B.G.. (2009) ‘Effective Public Relations’, in 9. Jakarta: Kencana.

Devi, R.S. (2020) Model AISAS dalam Perilaku Konsumen Generasi Z, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fitri, A.N., Fabriar, S.R. and Hilmi, M. (2021) ‘Branding fashion muslim ( Studi analisis brand Wearing Klamby ) Universitas Islam Negeri ( UIN ) Walisongo Semarang dilakukan oleh Wearing Klamby ditengah maraknya brand busana’, 6(1), pp. 31–48. doi:10.21580/icj.2021.6.1.7872.

Heath, R.L. (2013) Enciclopedia of Public Relations. 2nd edn. Edited by Singapore. SAGE Publications.inc.

Hendriyani, H. (2017) ‘Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh’, Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(1), pp. 63–65. doi:10.7454/jki.v2i1.7832.

Heydan, R. (2020) ‘Hari Pelanggan Nasional PT KAI justru Banjir Komplain Kenapa?’, Bisnis.com, 4 September, pp. 1–2. Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200904/98/1287528/hari-pelanggan-nasional-pt-kai-justru-banjir-komplain-kenapa.

Jefkins, F. (2003) ‘Public Relations’, in edisi kelima. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

John T. Bowen and Shiang‐Lih Chen (2001) ‘The Relationship Between Customer Loyalty and Customer Satisfaction.’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 5(13), pp. 213–217.

Kereta, P.T. and Indonesia, A. (2020) ‘Survey Kepuasan Pelanggan Kereta Api Semester I Tahun 2020’.

Lupiyoadi, R. (2011) Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Jakarta: UI Press.

Mahanani, P.A.R. (2017) ‘Customer Relations Management sebagai Salah Satu Upaya Public Relations Perusahaan Jasa Perbankan Menciptakan Good Image’, Jurnal ASPIKOM, 1(6), p. 551. doi:10.24329/aspikom.v1i6.58.

Mowen, J. (2002) Perilaku Konsumen. 2nd edn. Edited by N. Mahanani. Jakarta: Erlangga.

Nur Azizah, K. (2022) ‘Viral Kasus Es Teh Indonesia, waktunya minuman manis kena cukai.’, Detik Health, 26 September, pp. 1–2. Available at: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6313192/viral-kasus-es-teh-indonesia-waktunya-minuman-manis-kena-cukai.

Permatasari, A.N. et al. (2021) ‘Digital Public Relations : Trend and Required Skills Kehumasan Digital : Tren dan Kompetensi yang Dibutuhkan’, 6(2), pp. 373–386.

Pine, B. J., & Gilmore, J.H. (1999) The Experience Economy: Work Is Theatre & Every Business a Stage. Boston: MA: Harvard Business School Press.

Rahmah, S. (2021) ‘Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram’, Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), pp. 94–101. doi:10.30596/interaksi.v5i1.5584.

Ruslan, R. (2001) Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Satryawati, E. (2018) ‘Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce’, Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 4(1), pp. 36–52. doi:10.37012/jtik.v4i1.284.

Silviani, I. (2020) Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Jakarta: SCOPINDO.

Syahlina, M. and Nasib (2019) ‘Pengukuran Kepuasan Pengguna Kereta Api Indonesia (Persero) Medan Melalui Fasilitas Dan Pelayanan’, Abdi Ilmu, 12(2), pp. 51–57.

Tjiptono, F. (2010) Strategi Pemasaran. 2nd edn. Yogyakarta: Andi Offset.

Williianti (2020) ‘Loyalitas Pelanggan’, Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), pp. 6–25.

Wiwesa, N.R. (2021) ‘User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola’, JSHT-Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), pp. 17–31. Available at: http://journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jsht/article/download/116/92.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.16941

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.