Open Journal Systems

Manajemen Penyiaran Program Siaran Dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang

Widiyanti Sri Rahayu, Ahmad Zaini

Abstract

Dakwah dapat dilakukan dengan menggunakan media yang beragam, salah satunya adalah radio. Nur FM Rembang adalah radio yang memiliki program siaran “Obrolan Santri” berupa dakwah anak muda yang membahas isu-isu dan kejadian yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat dan di media sosial. Tujuan penulisan untuk mengetahui proses pra produksi siaran dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang, mengetahui proses produksi siaran dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang, dan mengetahui proses pasca produksi siaran dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pra produksi program siaran “Obrolan Santri”, yang meliputi penemuan ide, perencanaan, narsumber yang dihadirkan di setiap episode dan persiapan setting tempat serta alat-alat yang akan digunakan saat proses produksi. Proses produksi dengan sistem talkshow on-air atau siaran langsung yang disiarkan melalui frekuensi 88,5 FM, live streaming audio di laman website dan video di Facebook dan Youtube Radio Nur FM Rembang. Dan tahapan akhir dari proses produksi, dilakukan tahapan evaluasi pelaksanaan produksi program.

Keywords


produksi, program dakwah, radio

References


A. Darmanto, D. (2008). Manajemen dan Produksi Radio Komunitas. Combine Resource Institution.

Abdullah. (2015). Ilmu Dakwah: Kajian Ontologi, Epistimologi, Aksiologi dan Aplikasi Dakwah. Citapustaka Media.

Alimuddin, N. (2007). Konsep Dakwah Dalam Islam. Hunafa, 4(1), 73–78.

Aminudin, A. (2016). Konsep Dasar Dakwah. Al-Munzir, 9(1), 31. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir/article/view/775

Andesta, N. (2017). Produksi Siaran Dakwah Islamiyah di Radio Republik Indonesia Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/841/1/NIA.pdf

Asror, A. (2018). Paradigma Dakwah: Konsepsi dan Dasar Pengembangan Ilmu. LKiS.

Hasan, M. (2013). Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah. Pena Salsabila.

Innayah, I. (1970). Model Evaluasi Siaran Radio Edukasi Dari Radio Mitra Hingga Pendengar. Jurnal Kependidikan, 2(1), 37–51. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.540

KBBI Daring. (2016). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ceramah

M. Rosyid Ridla, D. (2017). Pengantar Ilmu Dakwah. Samudra Biru.

Mufidah, H. (2018). Siaran Dakwah Radio Suara Akbar Surabaya (Analisis Proses Produksi berbasis Streaming) [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/22850/7/Hanim Mufidah_B71214042.pdf

Pirol, A. (2018). Komunikasi dan Dakwah Islam (S. Jajuli (Ed.)). CV Budi Utama.

Romli, A. S. M. (2017). Manajemen Program & Teknik Produksi Siaran Radio. Nuansa Cendekia.

Talalu, T. R. (2020). Produksi Program Siaran Dakwah Radio. Farabi, 17(2), 147–162. https://doi.org/10.30603/jf.v17i2.1858

Tiara, R. (2013). Proses Produksi Siaran Islamic Spirit Di Radio Robbani Fm Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim]. http://repository.uin-suska.ac.id/7830/

Yusuf, F. (2016). Analisis Proses Produksi Program Berita Radio Metro Mulawarman Samarinda. EJournal IlmuKomunikasi, 4(3), 98–111. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/08/Jurnal Online (08-06-16-06-50-27).pdf

Zaini, A. (2016). Dakwah Melalui Radio: Analisis terhadap Format Siaran Dakwah di Radio PAS FM Pati. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 71–94. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2907/2078


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.16859

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.