Open Journal Systems

Strategi Public Relations Radio On TV Masjid Agung Jawa Tengah

Kustina Candra Ningrum, Mansur Hidayat

Abstract

Public relations merupakan sebuah manajemen yang mengatur komunikasi antara organisasi dengan publiknya agar dapat membentuk citra positif dan tercapainya tujuan organisasi. Untuk mencapai tujuan organisasi, seorang praktisi humas memerlukan rencana strategis dalam setiap kegiatan kehumasan supaya dapat berjalan secara efektif. Humas Masjid Agung Jawa Tengah memiliki media dakwah berupa Radio dan Televisi bernama Radio Dakwah Islam (DAIS) dan MAJT TV. Kedua media tersebut, memiliki beberapa program acara, salah satunya program Radio On TV yang diadaptasi dari program Kajian Sore yang ada di Radio DAIS. Radio On TV mengusung konsep visualisasi radio, yang mana radio tidak hanya dapat didengar, namun dapat dilihat atau divisualisasikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata atau tulisan berdasarkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi peneliti. Analisis dalam kajian ini menggunakan konsep perencanaan strategi public relations oleh Ronald D. Smith yang dikenal dengan the nine step of strategic public relations. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa Humas Masjid Agung Jawa Tengah sudah menerapkan konsep perencanaan strategi public relations yang terdiri dari empat tahap, yaitu fase riset formatif, fase strategi, fase taktik dan fase evaluasi. Namun, ada beberapa langkah dalam fase tersebut yang belum dilakukan oleh Humas Masjid Agung Jawa Tengah.

Keywords


Public Relations, Masjid Agung Jawa Tengah, Radio On TV

References


A.Anditha Sari. (2017). Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Albi Anggito dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Andipate, A. A. (2020). Paradigma Baru Public Relations: Teori, Strategi dan Riset. Depok: Rajawali Pers.

Ishaq, R. El. (2017). Public Relations Teori dan Praktik (Revisi). Malang: Intrans Publishing.

John W. Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kriyantono, R. (2021). Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas, dan Public Relations Writing. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Lestari, M. T. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi dan Mutual Understanding. Jakarta: Prenada Media.

Morissan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran (Revisi). Jakarta: Prenada Media Group.

Rachmat Kriyantono. (2015). Public relations, issue & crisis management: pendekatan critical public relation, etnografi kritis & kualitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Raditia Yudistira Sujanto. (2021). Pengantar Public relations di Era 4.0. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ronald D. Smith. (2017). Strategic Planning for Public Relations. In Routledge (5th ed.). New York: Routledge.

Silviani, I. (2020). Public Relations sebagai Solusi Komunikasi Krisis (Irene Silviani, ed.). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Theaker, A. (2020). The Public Relations Handbook (6th ed.). New York: Taylor & Francis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3Zr6DwAAQBAJ

Utami, S. P. C., Dida, S., & Prastowo, F. A. A. (2017). Strategi Perencanaan Public Relations Net. Tv Dalam Membentuk Citranya Sebagai Televisi Masa Kini. ProTVF, 1(1), 30. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13334


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i1.14822

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.