Open Journal Systems

Analisis Pesan Dakwah dalam Tayangan Kartun Omar dan Hana

Indah Wulan Sari

Abstract

Dakwah telah banyak dilakukan melalui media, baik media konvensional maupun media digital. Salah satu implementasi penggunaan media sebagai media dakwah adalah melalui tayangan film kartun, seperti kartun Omar dan Hana. Berbeda dengan film kartun pada umumnya, kartun ini menayangkan hiburan sekaligus pesan-pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah yang terdapat pada 5 episode film kartun Omar dan Hana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat beberapa pesan dakwah, yaitu: Pertama, mengajarkan tentang sifat jujur karena kejujuran menjadi poin penting bagi orang lain untuk menilai diri kita. Kedua, mengajarkan manusia agar menjaga kebersihan alam sekitar dan tidak berbuat kerusakan. Ketiga, mengajarkan manusia agar saling tolong menolong kepada sesama makhluk Allah. Keempat, mengajarkan manusia untuk tidak berprasangka buruk dan selalu berprasangka baik pada orang lain. Kelima, mengajarkan bahwa setiap aktivitas dapat bernilai ibadah jika diniatkan karena Allah.

Keywords


Pesan dakwah, film kartun Omar dan Hana, dan Televisi

References


Anggito, A., & Johan S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, Sukabumi.

Aziz, Moh. Ali. (2017). Ilmu Dakwah Edisi Revisi. Kencana, Jakarta.

Febbriyanto, B. S., Rifa, S., Islam, U., Sayyid, N., & Rahmatullah, A. (2021). Kartun sebagai media dakwah bagi anak-anak : Studi pada tayangan Upin dan Ipin, 41(2), 122–133.

Hanafi, A. (2020). Memaknai Aktifitas Belajar Sebagai Ibadah Dengan Kontekstualisasi Pemahaman Hadist Innamal A’malu Bin nIyat. Misykah: Jurnal Pemikiran dan Studi Islam, 5(2), 152-161. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/misykah/article/view/230.

Inayah, S.N.F., Siti M. D. (2021). Analisis Pesan Dakwah Akidah, Akhlak dan Syari’ah dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(2), 235-254. http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i1.11937.

Jafar, I. (2018). Bentuk-bentuk Pesan Dakwah dalam Kajian Al-qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 41-66.

Koesno, D. (2021). Memahami Arti Ta’awun Menurut Agama Islam, Dalil, dan Contohnya. tirto.id. Diakses dari https://tirto.id/memahami-arti-taawun-menurut-agama-islam-dalil-dan-contohnya-gbsP pada 19 Februari 2022.

Miskahuddin. (2019). Manusia dan Lingkungan Hidup dalam Al-qur’an. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 16(2), 210-227. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v16i2.6569.

Nadhifah, F., & Khairuddin, A. (2021). Analisis Pesan Dakwah Pada Film Animasi Nussa dan Rara Episode 1-5. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 3(2), 91-98. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/view/1334.

Nasifah, I., & Iqbal A. (2021). Konsep dan Implementasi Pendidikan Akidah Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Tadabbur Alam (Kajian Q.S. Al-An’am Ayat 74-75. JOEL: Journal of Education and Lamguage Research, 1(3), 209-220. https://bajangjornal.com/index.php/JOEL/article/view/501.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Wacana 13(2), 177-181.

Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1-9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip.

RTV. (2018). Program Animasi Spesial Ramadhan RTV: “Omar dan Hana”. Diakses dari https://www.rtv.co.id/pressreleasertv.php?id=19 pada 19 Februari 2022.

Sakiyem. (2018). Materi dan Tujuan Dakwah. babel.kemenag.go.id. Diakses dari https://babel.kemenag.go.id/id/opini/575/MATERI-DAN-TUJUAN-DAKWAH pada 19 Februari 2022.

Westri, Z., & Rismareni, P. (2021). Analisis Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Animasi Omar dan Hana. Jurnal Golden Age, 5(2), 221-232. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3497.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i1.14271

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.