Open Journal Systems

Retorika Dakwah (Studi Retorika Dakwah Lulung Mumtazah)

Riza Zahriyal Falah, Siti Hidayati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan retorika dakwah Lulung Mumtazah dalam akun Youtube Islam itu Indah Official. Retorika dakwah memiliki peran penting dalam penyampaian materi dakwah oleh da’i kepada mad’u, agar pesan-pesan dakwah dapat dipahami dengan baik dan proses penyampaian pesan dakwah tidak berlangsung monoton. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang retorika dakwah Lulung Mumtazah meliputi gaya bahasa, gaya suara, dan gerak tubuh atau gestur. Gaya bahasa yang digunakan meliputi gaya bahasa tak resmi, gaya bahasa percakapan, gaya bahasa sederhana, gaya mulia bertenaga, dan gaya menengah. Gaya suara yang digunakan   memperhatikan penggunaan pitch, loudnes, rate dan rhytem, pause atau jeda, tinggi rendahnya suara, keras lembutnya suara, memberikan penekanan dan nada tinggi, rendah pada bagian tertentu, menggunakan tempo sedang dan agak cepat, dan penempatan jeda sesuai pada kalimat. Gaya gerak tubuh yang digunakan berupa posisi badan ditengah mad’u, sering menggerakkan tangan untuk memberikan gambaran abstrak pada kalimat, ekspresi wajah yang sangat menjiwai ketika memberikan contoh yang julid matanya sampai melotot dan mulutnya nyinyir, serta pandangan mata menguasai para mad’u.

Keywords


retorika, dakwah, gaya dakwah

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arifin, N. (2015). Retorika Dakwah Ustadz Maulana Dalam Acara Islam Itu Indah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fauzi, A. (2018). Gaya Retorika Ustadz Abdul Somad. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Gunawan, M. S. (2020). Retorika Dakwah K.H Ahmad Baharudin Nursalim ( Gus Baha) di Masjid Sirotol Mustaqim Ansan Korea Selatan dalam Youtube. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Habib, Z., & Hardjito. (2017). Analisis Isi Progam Islam Itu Indah di Stasiun Trans TV. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 28(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/article/download/3833/2841

Hartadi, R. (2012). Analisis Progam Islam Itu Indah Di Trans Tv. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hasanah, U. (2020). Retorika dakwah Kontemporer. Media Madani.

Marta, I. N. (2010). Retorika dan Penggunaanya dalam Berbagai Bidang. Prasi: Jurnal Bahasa Seni, Dan Pengajaranya, 6(12). http://ejournal.udiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/6828

Noviyanto, K., & Jaswadi, S. A. (2014). Gaya Retorika Da’i dan Perilaku Memilih Pernceramah. Jurnal Komunikasi Islam, 4(1).

Pahlupy, A. N. (2019). Gaya Retorika Dakwah Ustadz Hanan Attaki di Youtube. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Prasetyo, A. D. (2019). Retorika Dakwah Fadila Yahya Melalui Story Telling. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rafiq, M. (2015). Urgensi Retorika dalam Dakwah. Fitrah, 1(1).

Sixmansyah, L. (2014). Retorika Dakwah KH. Muchammad Syarif Hidayat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sulistyarini, D., & Zainal, A. G. (2020). Buku Ajar Retorika. CV. AA Rizky.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i2.13108

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.