Open Journal Systems

Analisis Model Komunikasi Dakwah K.H. Ahmad Dahlan dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo

Sukma Dewi Hapsari, Muhammad Lailan Arqam

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan yang namanya komunikasi untuk saling interaksi. Namun masih ada beberapa yang belum bisa berkomunikasi dengan baik dan benar, sehingga pesan yang disampaikan tidak tersampaikan. Maka dari itu artikel ini bertujuan untuk menganalisis model komunikasi dakwah yang dilakukan pendiri Muhammadiyah organisasi masyarakat yang masih eksis sampai sekarang K.H Ahmad Dahlan melalui film Sang Pencerah karya Hanung Bramantyo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis kepustakaan. Sumber data berupa film Sang Pencerah, jurnal dan buku yang relevan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri referensi dalam data base google cendekia dengan kata kunci komunikasi dakwah, K.H. Ahmad Dahlan dan film Sang pencerah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis deskriptif yang meliputi display, reduksi, interpretasi dan meaning creativity. Hasil penelitian menunjukan bahwa film Sang Pencerah terdapat dialog-dialog K.H. Ahmad Dahlan dalam berkomunikasi ternyata mengadopsi dari model komunikasi dakwah yang ada di dalam Al-Qur’an, seperti qawlan baligha, qawlan kariima, qawlan layyina, qawlan maisura, qawlan ma’rufa, qawlan sadida, dan qawlan tsaqila.

Keywords


Komunikasi Dakwah, K.H Ahmad Dahlan, dan Film Sang Pencerah

References


Abdul Rahman, A., Hj Siren, N. R., & Md Yusoff, Y. (2021). Kaedah Komunikasi Keluarga dalam Surah Āli ‘Imrān Ayat 159: Kajian Amalan Mualaf Cina di Selangor. Journal of Usuluddin. doi:10.22452/usuluddin.vol49no1.2

Abid, N. (2011). Developing A Web-Based Model Using Moodle 1.9 For Teaching And Learning English At Smk Negeri 1 Jombang. Universitas Islam Malang.

Ahmad Atabik. (2015). Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif Dalam Perspektif Al-Qur’an. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.

Amin, E. (2010). Nilai-nilai Dakwah dalam Film Sang Pencerah. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.

Anurkarina, F. W. (2015). PERILAKU TOKOH KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 34–42.

Anwar Arifin. (2011). Dakwah Kontemporer Sebuah Study Komunikas. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Arifin, B. (2018). Model Komunikasi Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman. doi:10.33367/tribakti.v29i1.571

Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Demak. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213–234. doi:10.21043/EDUKASIA.V12I1.2347

Ihsani, A. F. A., & Syakuuroo S.K, A. (2020). The Implementation of Islamic Communication Ethics in The Social Actions of Netizens on Social Media of Twitter. RELIGIA. doi:10.28918/religia.v23i2.2087

Illaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Indrajit, R. E. (2016). E- Learning dan Sistem Informasi Pendidikan: Modul Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi dan Kualifikasi Kerja (2nd ed.). Yogyakarta: Preinexus.

Kiai dan Nyai Ahmad Dahlan Sosok Pejuang yang Tidak Retak Ucapan dan Tindakan - Cahaya Islam Berkemajuan. (n.d.). Retrieved 15 November 2021, from https://muhammadiyah.or.id/kiai-dan-nyai-ahmad-dahlan-sosok-pejuang-yang-tidak-retak-ucapan-dan-tindakan/

Latif, U. (2018). KOMUNIKASI VERBAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam. doi:10.22373/taujih.v1i2.7204

Mulyana, Deddy & Rahmat, J. (2006). Komunikasi Antar Budaya “Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pradita, L., Sumarwati, S., & Suhita, R. (2012). KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO. KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO.

Pramana, A. D., Mariati, S., & Maslikatin, T. (2013). Analisis Patologi Sosial Novel Batas Karya Akmal Nasery Basral. Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa 2013.

Rahim, U. A. (2019). DOA SEBAGAI KOMUNIKASI TRANSEDENTAL DALAM PRESPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM. Idarotuna. doi:10.24014/idarotuna.v2i1.8189

Robbins, S. P. (1994). Teori Organisasi Struktur, Desan dan Aplikasi. San Diego: Prentice-Hall International, Inc.

Rosyada, A. (2020). Etika komunikasi dakwah: Studi terhadap video kajian Ustaz Abdul Somad tentang K-Pop dan Salib. Jurnal Ilmu Dakwah. doi:10.21580/jid.v40.2.4704

Safrin. (2020). Pendekatan Eksperimental dalam Penelitian Komunikasi. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA). doi:10.32734/lwsa.v3i1.810

Sahputra, D. (2020). Manajemen Komunikasi Suatu Pendekatan Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study. doi:10.31289/simbollika.v6i2.4069

Saipudin, S. H., Hamidah, H., Ilmiani, A. M., & Musthofa, K. (2021). Menggaungkan Pendidikan Qawlan Ma’rufa sebagai Etika Pergaulan dalam Menyikapi Body Shaming. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. doi:10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6823

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriatini, S., & Surismiati, S. (2018). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA FILM SANG PENCERAH GARAPAN SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO. Jurnal Bindo Sastra. doi:10.32502/jbs.v2i2.1260

Umbar, K. (2019). Concept of language politeness and building character education. Utopia y Praxis Latinoamericana.

Wafda, I. K. (2020). Etika komunikasi Islam mahasiswa organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dalam menangkal berita hoaks di Facebook. Islamic Communication Journal. doi:10.21580/icj.2020.5.2.6100

Zahid, M. (2015). KOMUNIKASI SANTUN DALAM AL-QUR’AN. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman. doi:10.19105/karsa.v21i2.516

Zikrillah, A., Padiatra, A. M., Gunawan, I., Setiawan, B., & Muttaqin, M. Z. (2021). Perspektif Komunikaksi Islam Terhadap Perilaku Kekerasan Verbal Dalam Permainan Daring (Studi Kasus Game Mobile Legends: Bang Bang). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. doi:10.29240/jdk.v6i1.2960


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i2.12890

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.