Open Journal Systems

Strategi Jurnalis Nasional dalam Isu-Isu Kritis

Amanda Syakira Maulida, Aurellia Putri, Kharisma Rizkika Rahmawati

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana jurnalis bekerja dalam menciptakan berita dalam ruang lingkup masyarakat di era digital yang sensitif dan penuh dengan isu krisis yang mudah menyebar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi jurnalis dalam merespon isu-isu kritis untuk kemudian menghasilkan berita yang berkualitas, memiliki kemampuan sekaligus kekuatan untuk membangkitkan kepercayaan publik. Metode yang digunakan adalah jenis metode penelitian kuantitatif berupa survei dengan menyebarkan kuesioner kepada wartawan untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak boleh berpihak pada suatu kelompok, wartawan harus bersikap netral dan juga memiliki sikap berani dalam mengambil langkah-langkah membuat sebuah berita untuk mencapai hasil yang informatif dan faktual. Berdasarkan hasil yang diperoleh, wartawan percaya bahwa pembaca memiliki hak untuk bereaksi sesuai dengan apa yang mereka rasakan setelah menikmati berita untuk digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menciptakan karya mereka selanjutnya.

Keywords


Strategi Jurnalis, Isu Kritis, Era Digital

References


Ashari, Muhammad (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Universitas Indonesia. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi Vol 4, No 1, Th 2019, 1-16.

https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/index

Erawaty, D. P., & Irwansyah. (2019). Kode Etik Jurnalistik Indonesia (Studi terhadap Agregasi Berita). Jurnal Pekommas, Vol. 4 No. 197-206.

https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/download/2040210/pdf

Dewanti, B. D. (2014). Kode Etik Jurnalistik Dalam Penerapan ( Studi Deskriptif Kualitatif Praktek Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam Kegiatan Jurnalistik di Kalangan Wartawan Harian JOGLOSEMAR). Universitas Sebelas Maret).

https://www.jurnalkommas.com/docs/JURNALSHINTA%20BELA%20DEWANTI--D1211075--Kode%20Etik%20Jurnalistik%20dalam%20Penerapan.pdf.

Suherdiana, Dadan (2020). Jurnalistik Kontemporer. Bandung: Mimbar Pustaka.

Restendy, M. S. (2019). Daya Tarik Jurnalistik, Pers, Berita dan Perbedaan Peran Dalam News Casting. Jurnal al–Hikmah vol. 4 no. 1-12.

file:///C:/Users/lenovo/Downloads/13-23-1-SM%20(1).pdf.

Suhandang, Kustadi (20). Pengantar Jurnalistik edisi revisi.

https://prokomsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/dasar-dasar-jurnalistik-pengertian-jenis-teknik-kode-etik-28

https://www.dosenpendidikan.co.id/jurnalistik-adalah/

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5564/2/Cover_Bab%20I_Bab%20IV_Daftar%20Pustaka.pdf

https://accurate.id/marketing-manajemen/publisitas-adalah/

https://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-advertensi.html

https://www.bola.com/ragam/read/4496911/pengertian-teks-ulasan-tujuan-ciri-ciri-struktur-dan-jenis-jenisnya

https://accurate.id/marketing-manajemen/publisitas-adalah/


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i1.12335

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.