Open Journal Systems
Strategi Jurnalis Nasional dalam Isu-Isu Kritis
Abstract
Penelitian ini berfokus pada bagaimana jurnalis bekerja dalam menciptakan berita dalam ruang lingkup masyarakat di era digital yang sensitif dan penuh dengan isu krisis yang mudah menyebar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi jurnalis dalam merespon isu-isu kritis untuk kemudian menghasilkan berita yang berkualitas, memiliki kemampuan sekaligus kekuatan untuk membangkitkan kepercayaan publik. Metode yang digunakan adalah jenis metode penelitian kuantitatif berupa survei dengan menyebarkan kuesioner kepada wartawan untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak boleh berpihak pada suatu kelompok, wartawan harus bersikap netral dan juga memiliki sikap berani dalam mengambil langkah-langkah membuat sebuah berita untuk mencapai hasil yang informatif dan faktual. Berdasarkan hasil yang diperoleh, wartawan percaya bahwa pembaca memiliki hak untuk bereaksi sesuai dengan apa yang mereka rasakan setelah menikmati berita untuk digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menciptakan karya mereka selanjutnya.
Keywords
References
Ashari, Muhammad (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Universitas Indonesia. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi Vol 4, No 1, Th 2019, 1-16.
https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/index
Erawaty, D. P., & Irwansyah. (2019). Kode Etik Jurnalistik Indonesia (Studi terhadap Agregasi Berita). Jurnal Pekommas, Vol. 4 No. 197-206.
https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/download/2040210/pdf
Dewanti, B. D. (2014). Kode Etik Jurnalistik Dalam Penerapan ( Studi Deskriptif Kualitatif Praktek Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam Kegiatan Jurnalistik di Kalangan Wartawan Harian JOGLOSEMAR). Universitas Sebelas Maret).
https://www.jurnalkommas.com/docs/JURNALSHINTA%20BELA%20DEWANTI--D1211075--Kode%20Etik%20Jurnalistik%20dalam%20Penerapan.pdf.
Suherdiana, Dadan (2020). Jurnalistik Kontemporer. Bandung: Mimbar Pustaka.
Restendy, M. S. (2019). Daya Tarik Jurnalistik, Pers, Berita dan Perbedaan Peran Dalam News Casting. Jurnal al–Hikmah vol. 4 no. 1-12.
file:///C:/Users/lenovo/Downloads/13-23-1-SM%20(1).pdf.
Suhandang, Kustadi (20). Pengantar Jurnalistik edisi revisi.
https://prokomsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/dasar-dasar-jurnalistik-pengertian-jenis-teknik-kode-etik-28
https://www.dosenpendidikan.co.id/jurnalistik-adalah/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5564/2/Cover_Bab%20I_Bab%20IV_Daftar%20Pustaka.pdf
https://accurate.id/marketing-manajemen/publisitas-adalah/
https://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-advertensi.html
https://www.bola.com/ragam/read/4496911/pengertian-teks-ulasan-tujuan-ciri-ciri-struktur-dan-jenis-jenisnya
https://accurate.id/marketing-manajemen/publisitas-adalah/
DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i1.12335
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.