Open Journal Systems

Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru

Ahmad Zaini, Dwy Rahmawati

Abstract

Sesungguhnya dakwah merupakan tanggung jawab setiap orang, apapun itu pekerjaannya harus bisa menyampaikan pesan dakwah agar bisa diterima oleh khalayak atau masyarakat. Tentu dalam menyampaikan pesan dakwah harus ada cara yang efektif. Efektivitas dakwah melalui media sosial saat ini menjadi penelitian utama yang banyak dipelajari oleh para kalangan karena hal tersebut sangat penting untuk diketahui, supaya kita dapat mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan kegiatan dakwah melalui media sosial. Penggunaan media sosial sebagai media atau sarana dakwah di era baru saat ini memang menjadi alternatif bagi para penceramah/dai/ustadz dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya. Berbagai platform media baru pun digunakan untuk mendukung proses dakwah, menjadi sebuah bukti bahwa internet berperan penting dalam proses kegiatan dakwah. Oleh karena itu, peluang dakwah menjadi besar karena IPTEK saat ini berkembang pesat. Dakwah melalui internet akan menjadi alat yang akan berperan penting dalam proses meningkatkan, menyeimbangkan, dan memberikan arah hidup yang lebih baik. Maka dari itu dalam jural artikel ini penulis mencoba mengkaji tentang bagaimana tingkat efektivitas dakwah yang dilakukan melalui media sosial di era baru saat ini.

Keywords


Efektivitas, Dakwah, Media Sosial, Era Media Baru

References


Aziz, Moh. Ilmu Dakwah Edisi Revisi. Jakarta: Kencana, 2004.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Holmes, David. Teori Komunikasi: Media, Teknologi, Dan Masyarakat. Vol. 33. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Juliansyah Noor, S E. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media, 2016.

Nasrullah, Rulli. Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia): Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Media Group, 2014.

Rianto, Suhartato Tahta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Surabaya: Surabaya Indah, 1995.

Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Sleman: Deepublish, 2018.

Sanwar, M. Aminuddin. Pengantar Ilmu Dakwah. Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 1986.

Sirajuddin, Murniaty. “Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang Dan Tantangan).” Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 1, no. 1 (2014): 11–23.

Susanto, Azhar. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Ghaila Indonesia, 2005.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.