Open Journal Systems

Strategi Komunikasi di Masa Krisis: Pemerintah, Publik dan Covid-19

Siti Shofiyanah, Mansur Hidayat

Abstract

Krisis merupakan suatu kejadian yang tidak bisa dihindarkan dan tidak dapat dengan pasti diprediksi kemunculannya. Strategi komunikasi pemimpin di masa krisis menentukan ketahanan dan keamanan suatu Negara. Riset menggunakan studi kasus dengan pendekatan komunikasi krisis. Objek kajian terhadap karakteristik pemimpin yang aktual di Indonesia, dalam hal ini Terawan Agus Putranto. Hasil menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemerintah di masa krisis amat diperlukan guna menampilkan informasi yang valid dan transparan kepada publik. Peran pemimpin yang berkarakter kuat dibutuhkan dalam menanggulangi krisis yang terjadi, terutama pada krisis yang tejadi secara global dan berpotensi mengganggu ketahanan Nasional seperti halnya dalam penanganan Covid-19.

Keywords


Komunikasi, Krisis, Covid-19, Kepemimpinan

References


Dewi Karyaningsih, Ponco. (2018). "Ilmu Komunikasi". Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Echols, John M. dan Hassan Shadily. (2007). “Kamus Inggris Indonesia”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gemma, D.A & Aaron, D.S. (2020). Kepemimpinan di Masa Krisis: Menghadapi Wabah Virus Corona dan Tantangan di Masa Depan. https://www.mckinsey.com/id/~/media/mckinsey/locations/asia/indonesia/our%20insights/leadership%20in%20a%20crisis%20responding%20to%20the%20coronavirus%20outbreak%20and%20future%20challenges/leadership-in-a-crisis-responding-to-the-corsonavirus-outbreak.pdf

Hakim, L.N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Jurnal Aspirasi, 4(2), 167.

Morissan. (2008). Manajemen publik relation. Jakarta: Kencana prenada Media Group.

Nova, F. (2019). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Yogyakarta: Grasindo.

Purwaningwulan, Melly Maulin. (2013). "Public Relations dan Manajemen Krisis". Majalah Ilmiah Unikom, 11 (2), 168.

Salma, A.N. (2018). Strategi Komunikasi Krisis Pada Era Digital: Penggunaan Internet dari Sebelum Hingga Sesudah Krisis. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan. https://www.researchgate.net/publication/342069977_Strategi_Komunikasi_Krisis_pada_Era_Digital_Penggunaan_Internet_Dari_Sebelum_Hingga_Sesudah_Krisis

Sari, F.P & Rah, U.N. (2019). Strategi Tata Kelola Komunikasi Krisis Humas Pemerintahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat Dalam Menghadapi Krisis. Jurnal Komunikasi, 7 (2), 92.

Sitogasa, Praditya Sigit Ardisty. (2012). “Pemimpin dan Kepemimpinan”. Fakultas Sains dan Teknologi. Ilmu dan Teknologi. Universitas Airlangga. Surabaya.

Umar, Husein. (2001). “Strategic Management in Action”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11180

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.