Open Journal Systems

Media Sosial sebagai Sarana Belajar dan Motivasi ke-Islaman bagi Mahasiswa di Kota Bengkulu

Susri Adeni, Anis Endang

Abstract

Kemudahan dalam memahami materi dakwah yang disampaikan dalam bahasa yang ringan dan tidak membuat merasa “digurui” melalui media sosial membuat generasi-Z seperti mahasiswa memilihnya sebagai media untuk belajar dan memotivasi diri dalam ke-Islaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram oleh mahasiswa di Kota Bengkulu khususnya mahasiswa Universitas Dehasen dalam kaitannya dengan belajar dan motivasi ke-Islaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan data primer diperoleh melalui wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Dehasen yang dijaring melalui teknik snowball untuk mencari informan yang mengikuti akun Instagram da’i/ustad dan akun yang bertemakan ke-Islaman. Setelah mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian dan dilakukan reduksi data dan adanya data jenuh, maka informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan audio visual yg berdurasi pendek, padat, dan “enak” didengar tidak hanya membuat informan tertarik, namun juga “mengena” di hati informan. Kemudain setelah mengakses akun Instagram yang mereka ikuti secara rutin, informan mengaku mengalami perubahan seperti menjadi pribadi yang lebih baik dan sabar, bisa bersikap lebih dewasa dalam mengambil keputusan dan sikap, dan mengubah pola pikir mengenai dunia.

Keywords


Instagram, Islam, mahasiswa Unived, media sosial, motivasi

References


Aminudin. 2017. Facebook sebagai Media Dakwah. AL-Munzir, 10(1), 31-50.

Deslima Y.D. (2020). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah bagi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 7(1), 21-41.

Dinillah U, Kurnia A SF. 2019. Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah. Kaganga. Journal of Communication Science. 1(1), 54-67.

Hafsah S. 2018. Pengaruh Media Sosial terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Hootsuite. 2020. We Are Social. Indonesian Digital Report 2020.

Ibdalsyah, Muhyani, Mukhlis D.Z. (2019). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama sebagai Akibat dari Pola Asuh Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 397-416.

Nugrahaini K D. 2020. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah bagi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2016 Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Riadi M. 2013. Motivasi Belajar. https://www.kajianpustaka.com/2013/04/motivasi-belajar.html, diakses pada 4 Februari 2021.

Sahid H M. 2020. Pengaruh Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Kabupaten Bogor Wilayah Selatan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 248-257.

Sumadi. 2016. Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 4(1), 172-190.

Wibowo A. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 339-356.

Wulandari N. (2018). Pemanfaatan Sosial Facebook sebagai Media Belajar Pendidikan Agama untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 82-106.

Zazin N & Zaim M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference. 534-563.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i2.10023

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.