Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana
Abstract
Pendidikan dan kebudayaan adalah dua entitas yang terkait. Matematika sebagai salah satu bidang studi yang bersifat abstrak. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika. Budaya memiliki peran untuk menjadi objek konkret dalam pembelajaran matematika. Budaya dalam matematika disebut etnomatematika. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk alat musik rebana dan mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari guru matematika dan santri pondok Ma'had pada salah satu sekolah di Kabupaten Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya konsep geometri pada bentuk alat musik rebana. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran geometri di sekolah.
Education and culture are two related entities. Mathematics is a field of study that is abstract. As a result, students have difficulty understanding mathematical material. Culture has a role to be a concrete object in learning mathematics. Culture in mathematics is called ethnomathematics. The research aims to explore the shape of the tambourine instrument and relate it to learning mathematics. This research is qualitative research with an ethnographic approach. The data in this study were obtained through interviews, observations, and documentation sourced from mathematics teachers and students of Pondok Ma'had at a school in Demak Regency. The results of this study indicate that there is a geometric concept in the shape of the tambourine musical instrument. The results of this study can be used as a learning resource in learning geometry at school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications, Inc.
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2011). Cooperative Learning. The Encyclopedia of Peace Psychology., 11.
Maryati, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, "Integrasi Budaya, Psikologi Dan Teknologi Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1), 384–387.
Merriam, A. P., & Merriam, V. (1964). The anthropology of music. Northwestern University Press.
Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8291
Putra, R. Y., Alviyan, D. N., Arigiyati, T. A., & Singgih, K. (2021). Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam pembelajaran matematika materi geometri bidang datar. 2(1), 21–30.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).
Ramadhani, P. (2019). Analisis Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika bagi Siswa SMP Darul Falah Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 41-54.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sinaga, S. S. (2006). Fungsi dan Ciri Khas Kesenian Rebana di Pantura Jawa Tengah (Function and Characteristic of Rebana in the Beach Region of Central Java). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 7(3).
Sukmadinata, N. (2003). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung.
Ulum, B., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan : Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati Mahasiswa Program Pascasarjana, Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan dasar , Universitas Negeri. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295
Zahroh, U. (2020). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dengan Memodelkan Motif Batik Gajah Mada. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 1–17. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.1.1-17
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]