Efektivitas Strategi REACT Berbasis Keislaman terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Spiritual

Fina Tri Wahyuni, Arnetta Thalia Arthamevia, Galih Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi REACT berbasis keislaman dibandingkan dengan strategi konvensional terhadap kemampuan penyelesaian masalah dan kecerdasan spiritual. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment design. Populasi yaitu seluruh mahasiswa semester 1 program studi tadris matematika pada salah satu universitas di Kudus yang berjumlah 117 mahasiswa dengan sampel kelas B1TMR yang berjumlah 40 mahasiswa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas A1TMR sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yaitu instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah derivatif sebanyak 5 soal uraian dan instrumen angket untuk mengukur kecerdasan spiritual dengan skala likert sebanyak 14 butir angket. Teknik analisis data yaitu statistik parametrik dengan Uji-t untuk kemampuan pemecahan masalah dan statistik non-parametrik Uji Mann-Whitney U untuk kecerdasan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan strategi REACT berbasis keislaman lebih efektif dibandingkan strategi konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan spiritual mahasiswa.

 

This research aims to determine the effectiveness of the Islamic-based REACT strategy compared to conventional strategies on problem-solving abilities and spiritual intelligenceThe research uses a quasi-experiment design. The population is all the first semester students of mathematics education at one of the universities in Kudus, totaling 117 students with a sample of B1TMR class of 40 students serving as an experimental class while class A1TMR serves as a control class. The data collection instruments included a test instrument in the form of 5 essay questions to measure derivatives problem-solving ability and a questionnaire instrument to measure spiritual intelligence with a Likert scale of 14 questionnaires. The data analysis techniques were parametric statistics with a t-test for problem-solving abilities and non-parametric statistics, the Mann-Whitney U test for spiritual intelligence. The results showed that Islamic-based REACT strategy lectures were more effective than conventional strategies on students' problem-solving abilities and spiritual intelligence.


Keywords


Islamic-based REACT Strategy; Problem Solving Ability; Spiritual Intelligence

Full Text:

PDF

References


Andini, R. (2015). Pengaruh Strategi React Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP: Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII Salah Satu SMP Negeri di Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).

Arfiani, D. D., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2020). The Effect of REACT Model Assisted Fable-Math Book Media on Mathematical Problem Solving Of Elementary School Students. MEJ (Mathematics Education Journal), 4(2), 116-125.

Azzet, A. M. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Budiartana, I. K. A., Wirya, N., & Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Strategi React Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Fitriah, N. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman dalam Meningkatkan Karakter Demokratis Siswa (Studi Eksperimen pada Kelas VIII MTs NU Putri 3) (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Khavari. (2000). The Art of Happines (Mencapai Kebahagiaan dalam Setiap Keadaan). Jakarta: Mizan Pustaka.

Kholisiyah, N., & Yuanita, D. I. (2018). Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring). Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 195-204.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Koražija, M., Žižek, S. Š., & Mumel, D. (2016). The relationship between spiritual intelligence and work satisfaction among leaders and employees. Naše gospodarstvo/Our economy, 62(2), 51-60.

Maghfiroh, L. L. (2017). Membangun Karakter Siswa dan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Melalui The Hidden Curriculum di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 4(2), 208-225.

Mujib, A., & Mudzakir, Y. (2005). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nasrulah, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa SMS Melalui Strategi React. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 5(1), 6-14.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Puspitacandri, A., Warsono., & Soesatyo, Y. (2020). The Effects of Intelligence, Emotional, Spiritual and Adversity Quotient on the Graduates Quality in Surabaya Shipping Polytechnic. European Journal of Educational Research, 9(3), 1075-1087.

Simamora, R. E., & Saragih, S. (2019). Improving Students' Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72.

Srivastava, P. S. (2016). Spiritual intelligence: An overview. International Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(3), 224-227.

Ulfah, W. K. (2010). Hubungan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 (Skripsi, Universitas Sebelas Maret).

Wulandari, B. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Masalah Diferensial (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Zakaria, E. (2007). Tren Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Taman Shamelin Perkasa.

Zohar, D., & Marshall. (2007). SQ: Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence (Terj. Rahmani Astuti dkk). Bandung: Mizan Media Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186