Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan, dan Kecerdasan Logis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua, lingkungan, dan kecerdasan logis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X pada salah satu SMK di Jakarta pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada salah satu SMK di Jakarta yang berjumlah 260 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap keterampilan berpikir kritis matematis, terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap keampilan berpikir kritis matematis, terdapat pengaruh signifikan kecerdasan logis terhadap keterampilan berpikir kritis matematis, dan terdapat pengaruh signifikan antara tingkat pendidikan orang tua, lingkungan dan kecerdasan logis terhadap keterampilan berpikir kritis matematis.
This study aims to determine the effect of parental education level, environment, and logical intelligence on the mathematical critical thinking skills of class X students at a vocational school in Jakarta in the 2019/2020 school year. This research uses the ex post facto method with a quantitative approach. The population in this study were all students of class X at one of the vocational schools in Jakarta, totaling 260 students. Sampling using a simple random sampling technique. The results of the study found that there was a significant influence on the level of parental education on mathematical critical thinking skills, there was a significant influence on the environment on mathematical critical thinking skills, there was a significant effect of logical intelligence on mathematical critical thinking skills, and there was a significant influence between the educational level of parents. environment and logical intelligence towards mathematical critical thinking skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnett, E., & Casper, M. (2001). A definition of "social environment". American journal of public health, 91(3), 465. https://doi.org/10.2105/ajph.91.3.465a
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Slassroomin Your Classroom. Virginia: ASCD.
Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). “Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 486-491.
Comstock, C., Kattelmann, K., Zastrow, M., McCormack, L., Lindshield, E., Li, Y., Muturi, N., Adhikari, K., & Kidd, T. (2016). Assessing the Environment for Support of Youth Physical Activity in Rural Communities. Journal of Nutrition Education and Behavior, 48(4), 234-241. doi: 10.1016/j.jneb.2015.12.013.
Dasmo, D., Nurhayati, N., & Marhento, G. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 132-139. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.94
Fauziah, Rizki, K., Nurhayati, & Arsyad, M. (2015). “Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri Di Kabupaten Jeneponto.” Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 11(3), 239-244. http://dx.doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1740
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (hal. 597-602). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gardner, A. M., & Santrock, J. (2011). “Analysis of Reservoir Pressure Decay, Velocity and Concentrations Fields of Natural Gas Venting from Pressurized Reservoir into the Atmosphere.” SAE International Journal of Passenger Cars - Mechanical Systems, 4(1), 216-230. https://doi.org/10.4271/2011-01-0252
Gonzales, N. A., Cauce, A. M., Friedman, R. J., & Mason, C. A. (1996). “Family, Peer, and Neighborhood Influences on Academic Achievement among African-American Adolescents: One-Year Prospective Effects.” American Journal of Community Psychology, 24(3), 365-87. https://doi.org/10.1007/BF02512027
Haryani, D. (2011). “Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Dan Penerapan MIPA (hal. 121-126). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibrahim. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Berbasis Masalah Terbuka Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional UNY (hal. 121-132). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Jacob, S. M. (2012). Mathematical achievement and critical thinking skills in asynchronous discussion forums. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 800-804.
Kurniasih, A. W. (2010). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (hal. 485-493). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniasih, A. W. (2012). “Scaffolding Sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 113-124. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2871
Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, Dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy.” Journal of Economic Education, 5(1), 100-109.
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). “Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-187. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674
Liang, S., Liu, Z., Brown, D. C., Wang, Y., & Xu, M. (2014). “Decoupling Analysis and Socioeconomic Drivers of Environmental Pressure in China.” Environmental Science and Technology, 48(2), 1103-1113. https://doi.org/10.1021/es4042429
Mahardhikawati, E., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(4), 119-128.
Maulana, I. (2016). Berpikir Tingkat Tinggi Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP (Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurzaelani, M., Arief, M. Z. A., & Wibowo, S. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika (Survei Pada Siswa Kelas XI SMK Geo Informatika). Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 44-62. http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v3i2.467
Pramaswari, E. (2018). “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar.” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 77-82. doi: 10.26740/jpeka.v2n2.p77-82.
Runisah, R., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2017). Using the 5E learning cycle with metacognitive technique to enhance students’ mathematical critical thinking skills. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 87-98.
Siregar, S. (2013). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Depok: Rajawali Pers.
Su, H. F. H., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190-200.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suhendri, H. (2011). “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Suhendri, H. (2012). “Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis , Rasa Percaya Diri , Dan Kemandirian Belajar Terhadap.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (hal. 398-404). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (hal. 605-612). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sumarna, N., & Herman, T. (2017). The increase of critical thinking skills through mathematical investigation approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 812, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.
Widana, I. W. (2018). “Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson.” International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24-32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74
Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). The Impact of Problem-Based Learning Approach to Senior High School Students' Mathematics Critical Thinking Ability. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 6(2), 30-38.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]