Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner

Nur Sakiinatullaila, Ferninda Dewi K, Mia Priyanto, Wahyu Fajar, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Anak berkebutuhan khusus tipe slow learner membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan siswa lainnya untuk memahami materi matematika. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami anak berkebutuhan khusus tipe slow learner di sekolah formal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling yang terdiri dari dua orang guru matematika dan satu orang anak berkebutuhan khusus tipe slow learner. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penyebab kesulitan belajar matematika anak berkebutuhan khusus adalah belum adanya rancangan pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran khusus kelas inklusi, pemberian materi dan evaluasi pembelajaran yang sama dengan siswa lain, serta penggunaan bahasa dalam pembelajaran matematika.

 

Special needs slow learner type need a longer time than other students to understand math material. Therefore, the aim of this study is to identify the causes of the learning difficulties experienced by children with special needs slow learner type in formal schools. This type of research is a case study research using descriptive qualitative methods. The selection of research subjects was carried out by purposive sampling consisting of two mathematics teachers and one slow learner type of child with special needs. From the results of the study, it was found that the cause of the difficulty of learning mathematics for children with special needs was that there was no design, method, and special learning media for inclusion classes, the provision of materials and evaluation of learning similar to other students, and the use of language in mathematics learning.



Keywords


Learning Difficulties, Mathematics Learning; Slow Learner; Special Needs

Full Text:

PDF

References


Berkebutuhan Khusus (Abk) Slow Learner Di Kelas Inklusif Smp Negeri 7 Salatiga. Skripsi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang

Chatarina Febriyanti & Mohamad Lutfi Nugraha (2017). Kesulitan Pembelajaran Matematika Sekolah Inklusi Untuk Anak ABK. Jurnal SAP. 2(2), hlm 153.

Dermawan, Oki . 2013. Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic Vol 6 No 2

Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Fitria, Rona. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi Di Sekolah Dasar, E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 96-100.

Hadi, Fida Rahmantika. 2014. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learners Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilakukan di SD Al Firdaus Surakarta). Tesis. Tidak Diterbitkan. Pascasarjana Prodi Pendidikan Matematika. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Hidayati, Nurul. 2011. Dukungan Sosial Bagi Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Insan Vol. 13 No. 01

Khabibah,Nur. (2013). Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner), Didaktika, 19(2), hlm 26.

Kustawan, D., & Hermawan, B. (2013). Model implementasi pendidikan inklusif ramah anak. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Komunikasi Mamtematis Tulis Slow Learner Dalam Memecahkan Masalah Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Matematika Jargaria. Vol 1 No 1

Lahinda, Youwanda, Jailani. 2015. Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 2 No 1

Liling ,Kristin Setyowati. (2014). Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematka Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilaksanakan Di SMK N 9 Surakarta) .Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, hlm 2.

Mahreni, Krisna Indah. (2017) .Art Therapy Bagi Anak Slow Learner, Semarang, hlm 154.

Muhammad Hairul Saleh, Dina Huriaty & Arifin Riadi (2017). Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tipe Slow Learners. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), hlm 85.

Pratiwi, Jamilah Candra. 2015. Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, Surakarta: 21 November 2015

Putra, Rahmad Ikrar Pradana Adikusuma. (2016). Survey Opini Masyarakat Tentang Anak Berkebutuhan Khusus di Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus. Hlm 4.

Sari, Endang,. Zaini, Ahmad ,. Suarja, Septya ,. Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Smp Negeri 23 Padang, hlm 1-2.

Sari, Hilda Puspita. 2019.Efektivitas Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Keterampilan Matematika Siswa Slow Learner Kelas V. Jurnal Widia Ortodidaktika. Vol 8 No 8

Sasmi, Risa Dian. 2013. Studi Kasus Tentang Strategi Guru Dalam Menangani Anak Slow Learner Di SD Negeri Kembangan, Gresik. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang: Malang

Sunarya, Purba Bagus, Muchamad Irvan, Dian Puspa Dewi. 2018. Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Abadimas Adi Buana Vol. 02. No. 1

Suryadinata, Nurain, Nurul Farida. 2016. Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di Smp Inklusi Kota Metro. Aksioma Vol 5 No 1

Suryadinata, Nurain, Nurul Farida. 2016. Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Terhadap Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Sains Matematika Informatika Dan Aplikasinya Iv. Vol. 4 Buku 4

Susanto, Juang., & Hidayat. (2016). , Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jurnal JASSI Anakku. 17(1), hlm 201

Tarsidi, Didi. (2011). Kendala Umum yang Dihadapi Penayndang Disabilitas dalam Mengakses Layanan Publik. Jurnal JASSI Anakku. 10(2), hlm 48.

Wanabuliandari, Savitri, Jayanti Putri Purwaningrum. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang Kudus Pada Siswa Slow Learner. Eduma Vol. 7 No. 1

Zalukhu, Juni Trismanwati. 2020. Strategi Guru Dalam Menangani Pelajar Lamban/Lamban Belajar (Slow Learner). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186