Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif

Ummi Hanik Nashihah

Abstract


Komunikasi matematis merupakan kemampuan penting yang harus dikuasi oleh siswa yang belajar matematika. Berkembangnya kemampuan komunikasi matematis salah satunya didukung oleh keaktivan dan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan siswa untuk aktif berkolaborasi secara ilmiah. Langkah-langkah pendekatan saintifik memberikan ruang untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Diskusi kelompok dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Artikel ini mendiskusikan tentang membangun kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan saintifik.

 

Mathematical communication is an important skill that students learning mathematics must master. One of the developments of mathematical communication skills is supported by the activeness and collaboration of students in the mathematics learning process. A scientific approach is an approach to learning mathematics that provides students the opportunity to actively collaborate scientifically. The steps of the scientific approach provide room to develop mathematical communication skills. Group discussions can be a vehicle for students to develop mathematical communication skills. This article discusses building students' mathematical communication skills through a scientific approach.



Keywords


Mathematics as a Language; Mathematical Communication; Scientific Approach

Full Text:

PDF

References


Achir, Y. S., Usodo, B., &Setiawan, R.2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Gaya Kognitif. PAEDAGOGIA: JurnalPenelitianPendidikan, 20(1), 78-87. Doi:10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Armiati. 2015. Prosiding Seminar bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak Hal 74-85 Implementasi Pendekatan Scientific Pada Pembelajaran Matematika Sebagai Sarana Melakukan Revolusi Mental Siswa (Implementation of Scientific Approach to Learning Mathematics As A Means Perform Mental Revolution)

Asnawati, S. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan pembelajaran kooperatif tipe teams-games tournaments. Euclid, 3(2).

Brenner, E.M. 1998. Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups by Languange Minority Students. Billingual Research Journal, 22:2, 3, & 4 Spring, Summer, & Fall. Santa Barbara: Universityof California.

Clark, Karen K, dkk. 2005. Strategies for Building Mathematical Communicationin the Middle School Classroom: Modeled in Profesional Development, Implemented in the Classroom. Current Issues in the Middle Level Education (2005)11(2), 1-12.

D’Amico, J., &Gallaway, K. 2010. Differentiated instruction for the middleschool language arts teacher: Activities and strategies for an inclusive classroom. San Francisco: Jossey-Bass.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43.

Fadhilaturrahmi (2017) Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matemati Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar | ISSN 2085-1243 Vol. 9. No.2 Juli 2017 | Hal 109-118.

Greenes, C. & Schulman, L. 1996. Communication processes in mathematical explorations and investigations. Dalam P. C. Elliot & M. J. Kennedy (Eds), 1996 yearbook: Communication in mathematics, K-12 and beyond (pp. 159-169). Reston, Va:NCTM

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.

Kusnaeni, K., & Retnawati, H. 2013. Problem posing dalam setting kooperatif tipe TAI ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-43. doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v8i1.8492

Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 171-178.

Mariyati, E., Noer, S. H., & Wijaya, A. P. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2).

NCTM. 2000. Principles and Stadards for School Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics.

Nurahman, I. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Pimm, D. (2019). Routledge Revivals: Speaking Mathematically (1987): Communication in Mathematics Clasrooms (Vol. 4). Routledge.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203-210.

Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137-149.

Rizki, W. 2015. Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Kategori Pengetahuan Awal Matematis Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6, No. 2, Hal 155 – 166

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 16-23.

Untayana, Juliana R. (2016). Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK Negeri 2 Merauke Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan, Seminar Nasional Vol 1, No 1 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186