Investigasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang

Ari Indriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika pada salah satu universitas di Bojonegoro. Proses pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan pada pengerjaan soal peluang untuk soal nomor 1 poin a, soal nomor 2, soal nomor 3 adalah 12,5% dan soal nomor 4 poin a adalah 100%. Dapat disimpulkan bahwa kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui dari soal, menggunaan rumus yang tidak sesuai dengan soal, kurang latihan dengan tipe soal yang berbeda, dan kurang teliti dalam menghitung.

 

This study aims to investigate students' mistakes in solving probability word problems. This study is descriptive qualitative research. The subjects in this study were 16 4th semester students of mathematics education at one of the universities in Bojonegoro. The data collection process was obtained through tests, observation, and documentation. The results showed that the error rate in working on the odds for question number 1 point a question number 2, question number 3 was 12.5% and question number 4 point a was 100%. It can be concluded that the students' mistakes in solving the opportunity material story questions were not writing what was known from the questions, using formulas that were not in accordance with the questions, lack of practice with different types of questions, and not being careful in calculating.




Keywords


Probability; Students' Mistakes; Word Problems

Full Text:

PDF

References


Astuty, N. Y. (2018). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang Pada Matakuliah Statitstika Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4), 145-150.

Citra, A. I., Sudi, P., & Amrullha. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa SMP Pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Dikdaktik Matematika, 66-76.

Fatimah. (2015). Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Peluang Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai (Skripsi, Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar).

Grace, L. D. H., Akbar S., & Hery, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemapuan Sisiwa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 608-616.

Hariyani, S., Aisyah, F. N. K., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11-22.

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurna Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8-14.

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thingking Dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Darusalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202-217.

Magfirah, Maidiyah E., & Suryawanti. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Lentera Sriwijaya, 1(2), 1-12.

Masdiyana & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Permasaahan Peluang Siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Tanjung Pinang. Jurnal Kiprah, 4(1), 52-60.

Mursyida & Amalia Y. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Negeri 1 Kaway XVI. Jurnal Genta Mulia, 10(1), 11-22.

Porwanto, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Peluang SMA Tribhakti Tanggulangin Kelas XII IPS. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 109-122.

Rahmawati, S. F. (n.d.). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64.

Sri, B. A. (2015). Sejarah Teori Peluang dan Statistika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016 Dalam Menyelesaikan Permasalahan Peluang Dengan Menggunakan Kategori Kesalahan Watson. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 39-52.

Trapsilasiwi, D., Setiawan, S., & Ummah, I. K. (2016). Analisis Kesalahan Pengolahan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran. Jurnal Pancaran, 5(4), 15-168.

Yanti, W., Yusuf, H., & Somakin. (2016). Desain Pembelajaran Peluang Dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Kupon Undian Untuk siswa Kelas VII. Jurnal Elemen, 2(1), 56-71.

Yanti, W., Toto, N., & Qohar, A. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Permutasi dan Kombinasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 (hal. 97-104). Malang: Universitas Kanjuruhan.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186