Respon Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Aplikasi Geogebra pada Materi Aplikasi Integral

Ma'ulfi Kharis Abadi

Abstract


Di universitas, ada materi tentang aplikasi integral. Banyak dosen menggambar kurva secara manual. Gambar yang dibuat secara manual memiliki berbagai kelemahan seperti tidak sesuai dengan konsep dan pembuatannya lama. Untuk membuat kurva pada kuliah bisa menggunakan aplikasi geogebra. Geogebra dapat membuat titik, garis, dan kurva dengan cepat dan bahkan dapat menghitungnya. Penelitian ini mencari informasi tentang respons mahasiswa terhadap penggunaan geogebra. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas di kota Serang pada lima kelas. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa. Respon mahasiswa terhadap penggunaan geogebra mendapatkan nilai positif.

 

At the university, there is material about application integral. Many lecturers draw curves manually. Manually created drawings have various drawbacks such as not in accordance with the concept and making it long. To make curves at lectures can use GeoGebra applications. Geogebra can make points, lines, and curves quickly and can even count them. This study seeks information about student responses to the use of GeoGebra. This research was conducted at a university in the city of Serang in five classes. Data was collected using a questionnaire distributed to students. Student responses to the use of GeoGebra get a positive value.


Keywords


Application of the integral; Curves; Geogebra

Full Text:

PDF

References


Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. (2018). The Development of Interactive Mathematics Learning Material Based on Local Wisdom with .swf Format. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012131

Fazar, I., Zulkardi, & Somakim. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra. Jppm, 9(1), 6–11.

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47. https://doi.org/10.23887/IJNSE.V1I2.12467

Kantohe, E. (2013). Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 87–100.

Nasution, S. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Geogebra pada Mata kuliah Matematika Dasar II. Jurnal Pendidikan Matematika UM, 2(3).

Nur, I. . (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79–89.

Ranabumi, R., Rohmadi, M., & Subiyantoro, S. (2013). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas Vii-B Smp Negeri 5 Kediri. 664–668.

Titisari, F. (2017). Efektifitas Penggunaan Program Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar di Kelas X BOPKRI 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Sanata Dhama.

Varberg, D., Purcell, E. ., & Rigdon, S. . (2006). Calculus (9 th). Pearson.

Wigati, S. (2018). Implementasi Geogebra Dalam HP Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Integral Kelas Xii IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2017 / 2018. JKPM, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186