Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang

Sholikhul Anwar, Moh. Badiul Anis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, efektif dan praktis pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak sekolah dasar yang tidak mempunyai media sifat-sifat bangun ruang yang menari. Metode pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode langkah-langkah penelitian dan pengembangan (research and development) terdiri dari 5 tahapan utama, yaitu tahap identifikasi yaitu melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, tahap desain dan pengembangan, tahap evaluasi yaitu validasi ahli media dan ahli materi serta revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran adobe flash profesional masuk ke dalam kategori sangat layak dan sangat efektif.

 

This research aims to develop learning media that is innovative, effective and practical on the material properties of a polyhedron. This research is motivated by the fact that there are still many elementary schools that do not have the media for the characteristics of dancing spaces. This learning media development method uses the research and development steps (research and development) consists of 5 main stages, namely the identification stage, namely the analysis of the product to be developed, the design and development stage, the evaluation stage, namely validation of media experts and material experts and revisions, small-scale field trials and product revisions, and large-scale field trials and final products. The results showed that the adobe flash professional learning media fell into the very feasible and very effective category.


Keywords


Adobe Flash Professional; Geometry Characteristics; Learning Media

Full Text:

PDF

References


Agung Leo. (2013).Adobe Flash CS6.Yogyakarta: Andi, 2013.

Aristo Hadi Sutopo. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012, 2.

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Renika, Cipta 2013, 156.

Christine Peterson, “Bringing ADDIE to Life : Instructional Design at Its Best”, Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, Volume 12, Number 3 (2003), 227–241.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Daryanto. Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Komputer. Yogyakarta. FIP.UNY, 2010.

Depdiknas, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional, 2003, 27.

Hamzah, H. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PTRajagrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.Hamzah B Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara, 2007,17.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika

Aditama.

Lapono Nabisi dkk. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 2010.

Muhseto Gatot, dkk. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka, 2009.

Nabilla Vanesya Meilinda. “Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Sisi Datar”. Volume 01, No. 03, April, hal. 515-524.

Nanang Khuzaini.“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash cs3 dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Lingkaran”. Vol 5, No 1, 2019.

Nasution, S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010, 12.

Ngazizah, Nur. Guru Wajib Melek Teknologi Informatika Komputer (TIK), 2016.

Norayeni Arista Estuwardani dan Ali Mustadi, “Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 5, Nomor 2, (2015) 160-164.

Rivaldo Ilham Pinunggul. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Visualisasi Menggunakan Adobe Flash Professional Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 18 Juli 2018

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahka Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2013.

Scholaria, Vol 7 No 2, Mei 2017: 94 – 105. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash CS4 Profesional pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas 2 SD.

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2017, 297.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186