Problematika Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah
Abstract
Sintaks pembelajaran merupakan hal utama yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Hasil penelitian ini perlu dimodifikasi atau ditingkatkan dari syintax yang ada agar aktivitas guru dan siswa sesuai dengan landasan teori dan filosofi berbasis masalah.
Learning syntax is the main thing that influences the achievement of learning objectives. This article aims to describe the problems of applying problem-based mathematics learning. This research is a library research. The results of this study need to be modified or improved fro the exixting syintax so that the activities of teachers and students are in accordance with the problem-based theoretical and philoshophical foundation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M.T. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based-Learning (Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan). Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ching, C.C. & De Gallow. 2000. Fear and Loathing in PBL: faculty Reactions to Developing PBL for a Large Research University, dalam Tan O.S., Little, Pl, Hee, S.Y., dan Conway, J. (Ed). Problem Based Learning: Education Innovation Across Disciplines. Singapore: Temasek Centre for Problem Based Learning.
Cobb, P., Yackel, E., & Wood, T. 1992. A Constructivist alternative to the Representational Views of Mind in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. I/23, page 2-33.
Daro, P., Mosher, F. A., Corcoran, T. 2011. Learning Trajectories in Mathematics: A Foundation for Standards, Curriculum, Assesment, and Instruction [Online]. Dalam CPRE. Tersedia: http://www.cpre.org. Diakses [17 September 2011].
Dewanti, S. S. 2008.Psikologi Belajar Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Dewanto, S. 2007. Meningkatkan Kemampuan Multiple Representasi Mahasiswa melalui Problem-Based Learning. Disertasi UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Fogarty, R. 1997. Problem-Based Learning and Other Curriculum Models for the Multiple Intelligence Classroom. Australia: Hawker Brown-low.
Henningsen, M., & Stein, M.K. 1997. Mathematical Tasks and Student Cognition: Classroom-Based Factor that Support and Inhibit High-Level Mathematical Thinking and Reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, Vol 28.
Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama, No. 1 Vol. 1 Januari. Jurnal Educationist.
Ibrahim. 2011. Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kecerdasan Emosional Melalui Pembelajaran BerbasisMasalah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Ibrahim, M. dan Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Buku Ajar Mahasiswa). UNESA: University Press.
Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding it up. Helping Children Learn Mathema- tics. Washington, D. C.: National Academy Press.
Mahmudi, A. 2010. Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi MHM Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis serta Persepsi Terhadap Kreativitas. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Masamah, U. 2012. Peningkatan dan Retensi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa SMA ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis(Penelitian Kuasi Eksperimen di MAN Ngawi). Skripsi UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.
McIntosh, R. (2000). Teaching Mathematical Problem Solving: Implementing The Visions. [Onlne]. Tersedia:http://www.nwrel.org/msec/images/mpm/pdf/ monograph.pdf. [2 Mei 2014].
Millman, R.S. & Jacobbe, T. 2008. Fostering Creativity in Preservice Teachers Through Mathematical Habits of Mind. Proceeding of the Discussing Group 9. The 11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Mexico, July 2008. [Tersedia Online]. http://dg.icme11.org/document/get/272. Diunduh pada 31 Mei 2014.
Ormrod, E.J. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Posamentier, A. S., & Stepelmen, J. 1990. Teaching Secondary School Mathematics: Techniques and Enrichment Units (3rd ed). Ohio: Merrill Publishing Company
Roh, K. H. 2003. Problem-Based Learning in Mathematics. Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environmental Education. [Online]. Tersedia: http://www.ericdigest.org/2004-3/math.html.
Sabandar, J. 2009. Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika [online]. Tersedia http://math.sps.upi.edu/wpcontent/uploads/2009/11/Berpikir-Reflektif.pdf. Diakses [10 Maret 2011].
Sanjaya, W. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santrock, W. J. 2007. Educational Psychology. Texas: McGraw-Hill Company.
Savery, J.R. dan Duffy, T.M. 1995. Constructivist Learning Environments: Case Studies in Instructional Design. Dalam B.G. Wilson (ed). PBL: A Instructional Model and is Constructivist Framework. Englwood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.
Solso, L. R., Maclin, H. O., dan Maclin, K. M. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Suryadi, D. 2008. Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Tan, O. S. 2004. Cognition, Metacognition, and Problem-Based Learning, in Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.
Walle, V. A. J. 2005. Elementary And Middle School Mathematics; Teaching Developmentally. New York:Virginia Commonwealth University
Weissinger, A.P. 2004. Psycological Tools in Problem Based Learning. Dalam O. S. Tan (ed.). Enhancing Thinking Through Problem Based Learning Approaches. Australia: Thomson.
Widjajanti, D.B. 2011. Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya. Makalah disampaikan pada Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta 10 Maret 2011.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i1.6349
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]