Peningkatan Kompetensi Dimensi Tiga dengan Resource Based Learning Menggunakan Miniatur Bangun Ruang

Nunuk Sulistyaningrum Suprapto, Mochammad Qomaruddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan dimensi tiga dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan metode resource based learning dengan media alat peraga miniatur bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Batealit Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah 75 siswa kelas XI AP yang terdiri dari 37 siswa kelompok eksperimen dan 38 siswa kelompok control. Data hasil belajar matematika diambil dari hasil test evaluasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, evaluasi I dan evaluasi II.

 

The purpose of this study was to improve students' mathematics learning outcomes on the subject of three dimensions by applying the cooperative learning model group investigation type using resource-based learning methods with miniature props media. This research was conducted at SMK Negeri 1 Batealit Jepara. The research method used is a quasi-experimental method. The subjects of this study were 75 students of class XI AP consisting of 37 students in the experimental group and 38 students in the control group. Mathematics learning outcomes data taken from the results of the evaluation test. The success indicator is determined if the class average increases from pre-action, evaluation I and evaluation II.


Keywords


Geometry; Polyhedron; Resource Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode,Teknik,Struktur dan Model

Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miarso, Yusuf hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada

Media.

Mulyasa, E. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes:

Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 1995. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta.

PT Bumi Aksara.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sharan, Sholomo. 2012. Handbook of Cooperative Learning, Yogyakarta: Familia.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiarto, dan Isti Hidayah. 2007. Hand Out Workshop Pendidikan Matematika. Semarang : Jurusan FMIPA UNNES.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. PT Rineka

Cipta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Winata putra, Udin S. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : PAUPPAI Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i1.6347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186