Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Integral Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 materi Integral melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Hasil observasi pada akhir siklus, tampak mengalami peningkatan sebagai berikut: rata-rata hasil belajar siswa 67,41 menjadi 70,16, siswa belum tuntas sebanyak 16 siswa menjadi 12 siswa, persentase siswa yang tidak tuntas 50% menurun menjadi 37,5% dan ketuntasan belajar siswa dari 50% meningkat menjadi 62,5%. Aktivitas siswa dalam mengamati kegiatan diskusi dan presentasi terlihat meningkat di atas 70%. Aspek lain juga mengalami peningkatan. Ada 2 siswa yang mengalami penurunan aktivitas. Data pendapat siswa yaitu 10 siswa (31,25%) sangat senang, 15 siswa merasa senang, 2 siswa merasa normal dan 5 siswa tidak senang.
The purpose of this study is to improve the process and learning outcomes in class XII IPS 3 on Integral material through JIGSAW Type Cooperative Learning model. The research subjects were students of class XII IPS 3 of SMA Negeri 1 Gebog Kudus. The results of observations at the end of the cycle, seemed to increase as follows: the average student learning outcomes of 67.41 to 70.16, students have not completed as many as 16 students to 12 students, the percentage of students who did not complete 50% decreased to 37.5% and student learning completeness of 50% increased to 62.5%. Student activity in observing discussion and presentation activities seemed to increase above 70%. Other aspects also experienced an increase. There were 2 students experiencing decreased activity. Student opinion data that 10 students (31.25%) are very happy, 15 students feel happy, 2 students feel normal and 5 students are not happy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Barton, B. 1996. Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity In Mathematics. 1996. (Dissertation). University Of Auckland, Auckland).
Nur, Rhofy K. 2015. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situnondo. Artikel Ilmiah Mahasiswa. 2(1).
Djamarah, Syaiful, Bahri; zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Desi Gita Andriani, Tri Atmojo, Mardiyana, 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ii Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Smp Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013 Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.1, No.7, http://jurnal.pasca.uns.ac.id.
Erna Agustina, Agung Nugroho C.S , Sri Mulyani, 2013, Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas Xc Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013 , Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 4 Tahun 2013 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, ISSN 2337-9995 [email protected].
Khoirul Mustofa, 2013, Pembelajaran Fisika Dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Mengoptimalkan Aktivitas Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X-6Sma Mta Surakarta, Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1, ISSN: 2338 – 0691.
Karlina, Ina. 2009. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa. http://www.sd-binatalenta.com. (Diunduh: 15 April 2009).
Latif, Nurwahyuni. 2008. Meningkatkan Pemahaman Siswa kelas XIIA-1 SMA Muhammadiyah Kendari dalam Belajar Matematika pokok Bahasan Limit Fungsi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. http://www.pendidikanmatematika.files.wordpress.com. (Diunduh : 15 April 2009).
Maria Ifa, 2013, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Boyolangu Pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) , Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Email: [email protected] Volume 2 Nomor 2, 715-722.
Miftahul Huda, 2015, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu isu metodis dan paradigmatic, Jogjakarta, Pustaka Pelajar.
Ning Indah sri rejeki, 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii G Semester 2 Smp Negeri 2 Toroh Grobogan1, JURNAL LEMLIT, Volume 3 Nomer 2 Desember 2009,61-73.
Paul Eggen, Don Kauchak,2012, Strategi dan Model Pembelajaran,Jakarta,Indeks
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat, Akhmat. 2008. Cooperative Learning Teknik Jigsaw . http://akhmadsudrajat.wordpress.com. (Diunduh: 1 Januari 2019).
Sukidin; Basrowi; Suranto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Insan cendekia.
Supardi, Suharjono, 2013. STRATEGI menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta: Andi Offset.
Suwarti, Ch. Muryani , Sarwono, 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi Kompetensi Dasar Biosfer Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Di Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013 / 2014, Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 1, No. 2 (Juli 2015) Hal. 121 – 135.
M. A. Hertiavi , H. Langlang, S. Khanafiyah,2010, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) , ISSN: 1693-1246 , 53-57.
Yeti Sulastri, Diana Rochintaniawati,2009, Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. ISSN: 1412-0917 13 No. 1 April 2009,15-21.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i1.6340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]